blank
Prof Yos Johan Utama berharap, Undip akan terus meningkatkan kualitas pelayanan di RSND, hingga menjadi yang terbaik di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Foto: dok/undip

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Universitas Diponegoro (Undip), memperoleh dukungan alat dari Kementerian Kesehatan RI, berupa mesin Magnetic Resonance Imaging 1.5 Tesla.

Hadirnya alat ini, sejalan dengan tujuan RSND yang terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan penelitian, serta pengembangan civitas medika RSND Undip.

Ketersediaan peralatan canggih yang dimiliki, menjadikan RSND Undip menjadi tempat rujukan untuk penyakit katastropik, seperti penyakit jantung, ginjal, kanker, dan stroke.

BACA JUGA: Persiapkan Pembangunan Zona Integritas, Wakapolres Wonosobo Cek Tempat Pelayanan

Peralatan canggih MRI 1.5 Tesla ini mulai dikenalkan pada acara tasyakuran, yang digelar di Instalasi Radiologi RSND Undip, Selasa (20/2/2024).

Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama, dalam sambutannya di acara itu menegaskan, Undip akan terus meningkatkan kualitas pelayanan di RSND, hingga menjadi yang terbaik di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.

”Dengan alat ini, tentu kualitas dari pelayanan kesehatan RSND semakin meningkat. Undip akan terus meningkatkan kualitas RSND, tidak hanya sebagai bagian dari Rumah Sakit, tetapi turut pula mendukung kualitas pendidikan dan peningkatan sarana pendidikan Fakultas Kedokteran Undip. Sasaran kita bukan lagi terbaik di Indonesia, tetapi menjadi unggul se-Asia atau ASEAN,” ujar Prof Yos.

BACA JUGA: Harga Beras Melambung, Ini Upaya Pemkab Kebumen

blank
RSND Undip kini dilengkapi dengan mesin MRI 1.5 Tesla yang sangat canggih. Foto: dok/undip

Sementara itu, Dirut RSND, dr Sutopo Patria Jati menjelaskan, RSND sebagai rumah sakit pendidikan utama, tidak hanya berorientasi pada pelayanan, tapi juga untuk pendidikan.

”Rumah Sakit Pendidikan Utama tidak hanya berorientasi pada pelayanan saja, tetapi juga pada pendidikan. Dimana didalamnya, termasuk unsur penelitian dan pengembangan yang menjadi poin penting. Kehadiran peralatan MRI ini, akan sangat mendukung kinerja layanan, yang turut pula mendukung penelitian dan pengembangannya,” imbuhnya.

Terpisah, Dekan Fakultas Kedokteran Undip, dr Yan Wisnu Prajoko berharap, dengan kehadiran mesin MRI ini dan ketersediaan peralatan canggih di RSND Undip, nantinya dapat digunakan secara optimal.

BACA JUGA: Dua PPK Selesai Pleno, Hasilnya Dikirim ke KPU dengan Pengawalan Ketat

”Dengan adanya alat-alat yang canggih, akan mendukung capaian lulusan Fakultas Kedokteran Undip yang unggul. Lulusan Undip memiliki kemampuan yang lebih dalam hal diagnosis maupun teurapetik, dan juga mampu menginterpretasi, mengenali, menggunakan serta memanfaatkan alat-alat canggih itu, dibandingkan lulusan universitas lain,” jelas dia.

Sebagai catatan, mesin MRI 1.5 Tesla yang dimiliki RSND Undip itu, dilengkapi dengan software yang advance. Sehingga dapat digunakan secara optimal, khususnya pada pasien yang berkonsentrasi Kanker, Jantung, Stroke, dan Uronefrologi (KJSU).

RSND Undip juga dilengkapi dengan SDM yang mumpuni, dan telah dipersiapkan untuk mengoperasikan alat-alat yang canggih. Dengan adanya mesin MRI ini, RSND Undip menjadi RS alternatif, di tengah banyaknya kebutuhan masyarakat untuk diagnosa penyakit.

”Diagnosa yang tepat, akan memudahkan dokter untuk menentukan bagaimana perawatan pasiennya, sehingga penyakit dapat segera disembuhkan,” pungkasnya.

HP