blank
Dosen Unisri Surakarta peserta pelatihan Reviewer Internal, berfoto bersama di sela-sela kegiatan dengan narasumber Rektor Prof Dr Drs Sutoyo MPd. Foto: dok/unisriska

SOLO (SUARABARU.ID)– Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, menggelar Pelatihan Reviewer Internal. Kegiatan yang dibuka Rektor Unisri, Prof Dr Drs Sutoyo MPd, di kampus setempat, Senin (19/2/2024) lalu, bertujuan untuk mengupayakan peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian.

Dalam sambutannya, Prof Sutoyo menyatakan, akan berusaha mendorong dosen Unisri untuk terus mengembangkan kapasitas diri, dalam bidang penelitian dan pengabdian. Para dosen juga diharapkan, produktif menghasilkan luaran publikasi, pada jurnal bereputasi.

Dikemukakan dia, pentingnya membentuk tim riset untuk mengembangkan tema penelitian yang relevan dengan perkembangan zaman. Menurutnya, ini sekaligus sesuai dengan situasi kondisi masyarakat yang ada.

BACA JUGA: Aliansi Masyarakat Sipil Jateng Datangi KPU Jateng Tuntut Pemilu Ulang

”Untuk itu sangat penting membentuk tim riset, guna mengembangkan tema penelitian yang relevan dengan perkembangan zaman. Selain itu, sesuai dengan situasi kondisi masyarakat saat ini,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPPM Unisri, Yannie Asrie Widanti STP MGizi MPd melaporan, kegiatan itu menghadirkan dua narasumber, yakni Reviewer Penelitian Universitas Sanata Dharma, Prof Apt Enade Perdana Istyastono PhD.

Dia juga menyebutkan, kualitas penelitian atau pengabdian dosen, akan sangat berpengaruh pada kualitas luaran yang berupa publikasi artikel, maupaun Hak Kekayaan Ilmiah (HKI).

”Penelitian yang berkualitas akan lebih mudah diterbitkan dalam Jurnal Terakreditasi Sinta 1-2, ataupun Jurnal internasional,” jelasnya.

Bagus Adji