blank
Sekda Grobogan, Anang Armunanto saat menyerahkan potongan tumpeng sebagai tanda peringatan Hari Pers Nasional kepada Ketua Panitia, Agung Hermawan. Foto : Ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Pemkab Grobogan mendorong wartawan yang bertugas di wilayah tersebut untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan.

Dengan keikutsertaan para wartawan dalam UKW diharapkan mereka mempunyai kompetensi dan mentaati Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu dikatakan oleh Sekda Grobogan, Anang Armunanto, yang membacakan sambutan Bupati Grobogan, Sri Sumarni, dalam kegiatan Tasyukuran Hari Pers Nasional di Gedung Riptaloka, Selasa 20 Februari 2024, kemarin.

BACA JUGA : Dinilai Terjadi Kecurangan Masif, Forum BEM DIY Tuntut Pembatalan Hasil Pemilu 2024

Anang Armunanto menjelaskan bahwa Uji Kompetensi Wartawan diperlukan guna wartawan berkompeten dan mentaati kode etik jurnalistik.

“UKW ini dilakukan untuk mengukur kemampuan pengetahuan dalam menjalankan tugas jurnalisnya, sehingga benar-benar dapat menulis standar dan profesional,” jelas Anang Armunanto.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPPKAD Kabupaten Grobogan mengatakan, Pemkab Grobogan terus selalu terbuka menerima kritik, saran, maupun masukan dari awak media, dengan harapan langkah ke depan betul-betul dapat dieksekusi dan dijalankan dengan tepat.

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. Dimana, kebebasan pers adalah pilar penting untuk kemajuan bangsa.

“Kritik, masukan, dan saran dari teman-teman semua menjad sangat penting, sehingga yang kurang dapat diperbaiki, kemudian mendorong yang masih lambat dan juga mengapresiasi yang memang sudah berjalan dengan baik,” tuturnya.

Informasi Valid

Anang Armunanto mengharapkan, awak media yang bertugas di Kabupaten Grobogan mampu menyediakan layanan informasi yang akurat, valid dan sesuai dengan aturan kode etik jurnalistik.

Kemudian, pihaknya meminta kepada awak media tidak membuat berita yang tidak valid, apalagi untuk kepentingan tertentu.

Pihaknya juga menuturkan, secara keseluruhan banyak pembangunan infrastruktur yang terlaksana, akan tetapi belum ada yang tuntas.

“Baik jalan, jembatan, fasilitas sekolahan, rumah sakit, puskesmas, pasar rakyat dan lainnya telah banyak terjadi perubahan kebaikan. Namun demikian, masih ada beberapa yang belum tuntas dan itu menjadi bagian dari pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah,” ujarnya.

BACA JUGA : Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 Gandeng Pemkot Perluas Jaringan Keagenan

Hari Pers Nasional

Momen Resepsi Hari Pers Nasional ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda dan kepala OPD Kabupaten Grobogan serta para wartawan yang bertugas di wilayah Grobogan.

Kegiatan tasyukuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Sekda Grobogan, Anang Armunanto yang diserahkan kepada Ketua Panitia HPN 2024 Kabupaten Grobogan, Agung Hermawan yang disaksikan oleh pejabat Forkopimda dan tamu undangan.

Selain itu, kegiatan juga diisi dengan penyerahan bantuan sosial kepada korban banjir dan doorprize untuk tiga orang yang beruntung.

Acara semakin meriah ketika para wartawan mengajak para pejabat dan tamu undangan yang hadir untuk bernyanyi bersama organ tunggal yang dimainkan Candra & Friends.

TYA WIEDYA