blank
Tari kreasi oleh siswa

JEPARA (SUARABARU.ID) – “Sehat tubuhku bahagia hatiku”, itulah slogan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMP Negeri 2 Kalinyamatan. Kegiatan P5 yang kedua ini mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika untuk kelas VIII dan Bangunlah Jiwa Raganya untuk kelas VII dengan menampilkan senam dan tari kreasi nusantara.

blank
Plt.Kepala SMP Negeri 2 Kalinyamatan, Eko Mursulistiono,S.Pd.,M.Pd

Kegiatan ini berlangsung selama 7 hari mulai Senin 12 Februari sampai Selasa 20 Februari 2024. Hari Senin sampai Jumat para siswa mempersiapkan pentas mulai pembentukan kelompok, mengerjakan lembar kerja, presentasi, mencari gerakan senam dan tari yang sesuai, dan menentukan kostumnya. Para siswa berlatih di sekolah maupun di rumah.

blank
Tari kreasi baru

Mulai Sabtu sampai Selasa para siswa siap menampilkan kreasinya. Kegiatan pentas dibuka oleh wakil kepala SMP Negeri 2 Kalinyamatan, M.H.Rozikiyah,S.Pd. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kegiatan P5 penting sekali bagi siswa terutama kelas VII dan VIII untuk mendorong siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. “Para siswa harus tampil semampunya, jangan merasa malu dan tidak bisa, semua pasti bisa jika ada kemauan dan usaha,” ujar M.H.Rozikiyah,S.Pd

blank
M.H.Rozikiyah,S.Pd Wakil Kepala SMP Negeri 2 Kalinyamatan

Setelah acara pembukaan dilanjutkan pementasan senam dan tari kreasi setiap kelompok dari semua kelas VII dan VIII. Pada Hari Sabtu pementasan kelas VII D, E dan kelas VIII D, E. Hari Senin kelas VII A, B, C, dan kelas VIII A, B, C. Sedangkan Hari Selasa kelas VII F, G, dan kelas VIII F, G. Kegiatan berjalan dengan lancar, para siswa merasa senang dan antusias.

blank
Penampilan siswa dalam tarikreasi baru

Acara festival budaya ditutup oleh Plt.Kepala SMP Negeri 2 Kalinyamatan, Eko Mursulistiono,S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kegiatan P5 bertujuan menguatkan karakter para siswa menuju profil pelajar Pancasila yang meliputi 6 karakter yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Di akhir sambutannya beliau memberikan kuis kepada para siswa untuk menyebutkan 6 profil pelajar Pancasila secara urut dengan hadiah yang fantastis.

Hadepe – Rozik