blank
Personel pengamanan pemilu (TPS) Polda Jateng. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengapresiasi proses pemungutan suara di Propinsi Jawa Tengah yang berlangsung dalam situasi aman dan kondusif. Hal itu disampaikannya saat memimpin apel pagi di Mapolda Jateng, Senin (19/2/2024).

Secara umum dirinya menilai proses pemungutan suara di Provinsi Jawa Tengah tidak ada kendala yang menonjol. Artinya Polda Jateng berhasil memberikan jaminan masyarakat dalam memberikan hak pilih mereka.

“Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan atas keberhasilan tugas ini, sehingga tahapan inti pemilu bisa kita lalui. Keberhasilan ini bukan keberhasilan perorangan, tetapi keberhasilan seluruh anggota Polda, termasuk stakeholders lainnya,” ujar Luthfi.

Luthfi mengingatkan bahwa tugas Polri dalam pengamanan pemilu 2024 masih belum selesai. Melalui Operasi Mantap Brata, pihaknya akan terus mengamankan proses pemilu hingga pengambilan sumpah dan janji Presiden dan Wakil Presiden.

“Oleh karena itu, terus lakukan pendekatan persuasif untuk menghindari gejolak dari masyarakat yang tidak puas terkait hasil pemilu,” kata Luthfi.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menyampaikan pendapatnya terkait pemilu secara aman dan tertib, tidak mengganggu aktifitas masyarakat lainnya. “Dalam proses pemilihan, siap menang juga harus siap untuk kalah. Apapun hasil pemilu harus kita terima bersama, kita punya koridor hukum untuk itu,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya sejumlah personel yang terlibat pengamanan TPS.

Ning S