blank
Tim KKN Undip menyelenggarakan gelar karya KKN 2024. Foto: Dok/Undip

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip menyelenggarakan gelar karya KKN 2024 di pelataran Gedung Prof Soedarto Undip, Senin (19/2/2024). Gelar karya dihadiri Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama, SH M.Hum.

Gelar karya menggelar karya mahasiswa KKN Undip dari 8 kabupaten dan sepuluh KKN Tematik Undip.

Rektor Undip saat mengunjungi stand gelar karya mahasiswa KKN Undip menyatakan kebanggaannya, karena mahasiswa mampu memberdayakan potensi yang dimiliki terutama warga desa dan UMKM.

Seperti tim KKN Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, dengan kreativitasnya mendisplay gunungan sayuran yang cukup berukuran spektakuler. ” Potensi pertanian di Desa Ngablak sangat penting untuk terus kami dorong dan kembangkan agar makin maju.” kata Ravi , Korcam KKN Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.

Beragam hasil olahan yang didisplay dalam stand gelar karya menunjukkan kreativitas mahasiswa KKN dan warga desa dalam mengangkat potensi warga desa dan UMKM setempat.

Tim KKN Kecamatan Ngablak yang mengabdi di 8 desa di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang mengusung tema KKN Harmoni Nusantara ku. KKN sendiri juga berlangsung di tengah warga desa mengikuti pesta demokrasi Pemilu 2024.

Ajeng, Camat Ngablak Kabupaten Magelang mengapresiasi peranan mahasiswa KKN Undip yang banyak memberikan kontribusi bagi warganya makin maju dan dinamis.

Waduk Diponegoro Lestari

Gelar karya KKN yang berlangsung dari pagi hingga sore juga menampilkan karya karya KKN Tematik baik KKN tematik lingkar kampus maupun KKN tematik lainnya.

Koordinator KKN Tematik Waduk Diponegoro Lestari, Steven, memaparkan , tim KKN yang dipimpinnya beranggotakan 65 mahasiswa Undip dari berbagai prodi dan fakultas, mendorong penataan Waduk Diponegoro Lestari.

Waduk ini, sebutnya ada dalam lingkungan kampus Undip Tembalang Semarang. Kami menginisiasi penguatan kelompok warga di seputar Tembalang dan Waduk Diponegoro Lestari, hingga peranannya makin optimal.

”Warga dan kelompok masyarakat makin didorong memiliki peranan dalam pengelolaan Waduk Diponegoro Lestari, agar fungsi waduk khususnya dan sungai pada umumnya mampu melestarikan potensi sumber daya air dan sungai hingga makin berguna,” terang Steven .

Para warga bersama mahasiswa KKN juga mengoptimalkan sumber daya air sendang Pongangan yang ada di wilayah Bulusan Tembalang Semarang.

“Kami bersama tokoh masyarakat setempat, Ganjar mengoptimalkan fungsi sendang Pongangan hingga makin terasakan manfaatnya bagi warga. Dalam gelar karya ini, kontribusi mahasiswa KKN dalam pengoptimalan sendang Pongangan di buat dalam bentuk maket dan display.

KKN Tematik lingkar kampus sendiri menurut DPL KKN Dr Adi Nugroho,. M.Si memang melibatkan mahasiwa KKN agar mampu berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kampus Undip makin berdaya guna dan mendukung keberadaan lingkungan kampus Undip yang makin baik.

Beragam kontribusi mahasiswa KKN lakukan pada intinya untuk mendorong peranan warga dalam lingkup lingkar kampus makin mendukung tumbuhnya lingkungan kampus makin baik.

Pada pembukaan gelar karya dihadiri Wakil Rektor 4 Undip Prof Ambaryanto, Ketua LPPM Undip Prof Herman, para dekan dan wakil dekan 11 fakultas di Undip.

Gelar karya berlangsung meriah disemarakkan hiburan musik dan kesenian wakil mahasiswa KKN dari 8 kabupaten dan tim kesenian Undip serta ekspo UMKM.

KKN Undip sendiri akan berakhir pada Selasa 20 Februari dalam upacara penarikan mahasiswa KKN di lapangan widya Puraya Undip Tembalang.

KKN berlangsung 35 hari di desa dan 10 hari berlanjut di kampus. Gelar karya KKN Februari 2024 ini merupakan perpaduan dari gelaran karya KKN reguler dan KKN tematik Undip.

Ning S