blank
Ketua KPPS O5 Cabean Desa Tenggak Wagimin membacakan perolehan suara Paslon Presiden  - Wapres usai PSU di TPS setempat, Minggu (18/2) siang. Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID) – Pemungutan Suara Ulang (PSU) digelar di TPS 005 Dukuh Cabean Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen  Minggu (18/2).

Pemungutan suara hanya  untuk memilih pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Proses pemilihan  ditunggui Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam, Ketua Bawaslu Dwi Budi Prasetya serta Ketua KPU Prihantoro PN beserta aparat  Polsek Sidoharjo, Sragen, berjalan lancar dan aman. Hadir pula Kepala Badan Kesbangpol Sutrisna, memantau situasi.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)  Wagimin memaparkan di TPS 005 Cabean dilakukan pemungutan ulang, karena ada seorang peserta asal luar kota Septiana Rebeka Waruwu yang tidak membawa undangan dan tidak tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 005, tapi ikut nyoblos di TPS setempat Rabu (14/2) lalu.

“Sehingga di TPS 005 diputuskan melakukan pemungutan suara ulang untuk Paslon Presiden dan Wakil Presiden,” tutur Wagimin Ketua KPPS 05 Cabean Desa Tenggak, Sidoharjo ditemui, Minggu (18/2/2024).

Hal itu terjadi karena kecolongan peserta pencoblos yang tidak sah. Pemungutan suara ulang dilakukan setelah dilakukan rakor antara KPU Sragen, Bawaslu, PPK dan Panwascam Sidoharjo serta hasil konsultasi Panwaslu Provinsi.

Pemungutan suara ulang dengan penjagaan ketat aparat gabungan, dimulai Pukul 08.00 hingga ditutup Pukul 13.00. Hal itu sudah sesuai ketentuan.

Kades Tenggak Setyanto mengatakan di TPS itu terdapat 255 warga yang terdaftar sebagai pemilih tetap, sedangkan 35 orang tidak menggunakan hak pilihnya dikarenakan bekerja di luar kota. Hasil PSU diketahui Paslon nomor 01 Anies R Baswedan – Muhaimin Iskandar meraih 22 suara.

Paslon nomor 02 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka meraih 124 suara dan Paslon no 03. Ganjar Pranowo – Mahfud MD meraih 61 suara. Suara tidak sah tiga suara. Setelah penghitungan suara selesai, PSU juga dinyatakan rampung.

Anind