Puluhan peserta mengikuti Diklatsar Korps Suka Rela (KSR) PMI Kebumen di Bumi Perkemahan Widoro, Karangsambung, 17-21/2.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten  Kebumen menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) pada 17-21 Februari 2024 di Bumi Perkemahan (Buper) Widoro, Kecamatan Karangsambung.

Pengurus Kabid PB dan Relawan PMI Kebumen Drs Bambang Widadi membuka langsung kegiatan tersebut didampingi sejumlah staf PMI. Diklatsar berlangsung selama lima hari. Melibatkan 47 peserta. Mereka berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

Pengurus Kabid PB dan Relawan Bambang Widadi mengungkapkan, diklat sangat penting dilaksanakan guna keberlangsungan ekosistem organisasi PMI.

“Dengan adanya kegiatan diklat ini saya rasa sangat penting dilaksanakan. Karena diklat ini sebagai bentuk keberlangsungan suatu organisasi, terutama organisasi PMI yang utama dalam bentuk pelayanan untuk masyarakat,”ujar Bambang Widadi.

Pengurus Bidang PB dan Relawan PMI Kebumen Bambang Widadi membuka Diklatsar KSR di Bumi Perkemahan Widoro, Karangsambung.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

Sementara itu Ketua Panitia Diklatsar Luthfi Riyanto menjelaskan, kegiatan tersebut mengangkat tema Menciptakan Relawan yang Menjunjung Tinggi Jiwa Solidaritas yang Berintelektual, Tangguh, Cepat dan Berkarakter.

Pihaknya berharap kegiatan dapat berjalan lancar. Untuk diklatsar kali ini PMI mengangkat tema Menciptakan Relawan yang Menjunjung Tinggi Jiwa Solidaritas yang Berintelektual, Tangguh, Cepat dan Berkarakter.

“Saya harap dengan seluruh panitia kegiatan tentu mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi relawan PMI Kebumen. Semata menjadi relawan ini tentu sebagai bentuk pengabdian kebaikan kita kepada sesama,” tambah Luthfi.

Diklatsar KSR menghadirkan sejumlah pemateri handal Mukhsinun Qosim Jamaluddin, Hafifah Umami, Robiatul Adawiyah, Vredy Nurrochmat, Siti Mutaliah, Agus Ramelan, Misbahul Munir, Luthfi Riyanto, Aditya Pratama.

Para peserta diklat mendapatkan sejumlah materi. Meliputi Manajemen Relawan PMI, Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Etika Organisasi dan Peran Relawan dalam Organisasi, Pertolongan Pertama, Fasilitasi PMR, dan lainnya.

Komper Wardopo