JEPARA (SUARABARU.ID) – Permadani Jepara menyelenggarakan “Pawiyatan Panatacara saha Pamedhar Sabda Bregada 2”. Pelatihan yang diikuti 120 peserta ini dibuka oleh Pj. Bupati Jepara yang diwakili oleh Kadispartabud, Muh. Eko Uddyono, di pendopo RA Kartini Jepara Minggu (18/2-2024). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Muh Eko Uddyono.

Hadir juga Forkopimda Jepara, Pengurus DPP Permadani serta sejumlah kepala OPD Kabupaten Jepara di antaranya Kadis Kominfo Arif Darmawan dan Kadisdikpora Ali Hidayat.

Pj. Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Muh Eko Uddyono mengapresiasi kehadiran Permadani di Jepara. “Saya yakin Permadani akan menjadi penjaga budaya Jawa, ” ujar Muh Eko Uddyono. Kami tentu memberikan dukungan agar pelestarian budaya terus berjalan, tambahnya.

Dia menyemangati anggota Permadani dan peserta dengan parikan (pantun singkat bahasa Jawa).
“Gatotkoco ing Pringgodani. Tambah konco ing Permadani,” katanya dalam parikan pertama.
Berikutnya, “Abimanyu putro Arjuno. Ayo sinau ning pendopo.”
Dan parikan terakhir, “Prabu Kresno ing Dworowati. Jalaran tresno budoyo Jawi”.

Dari DPP Permadani, Suka Prayitno dalam sambutannya menjelaskan, melalui pelatihan ini Permadani bermaksud membangkitkan kembali kecintaan masyarakat terhadap budaya dan bahasa Jawa yang memiliki nilai-nilai yang adhiluhung

Pelatihan akan berlangsung selama 6 bulan, setiap hari Minggu bertempat di aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara. Pembukaan ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh DPW Permadani Jawa Tengah, Yohanes Eko Sarwono.


Sedangkan materi pelatihan pembelajaran meliputi basa tuwin sastra, renggeping wicara, budi pekerti, kepanatacaraan, pamedar sabda, kepermadanen, ngadat tatacara, sekar saha gending, ngadi sarira, negadi busana, ngedi busana kakung, padhuwungan, maca lan nyerat aksara Jawa. Sedangkan pemateri dari DPP 3 orang, DPD Pati 3 orang, DPD Kudus 1 orang, dan dari DPD Jepara 1 orang.

Plt. Ketua Permadani Kabupaten Jepara, KRT. Hendro Suryo Kartiko, menjelaskan, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk melanjutkan estafet Permadani yang pernah berdiri di Jepara tahun 1995 atau 29 tahun silam. “Timbul geliat para alumni bregada 1 dan seniman budayawan untuk membangkitkan kembali dengan mengadakan pelatihan permadani Bregada 2,” ujar KRT Hendro Suryo Kartiko.

Program ini telah disetujui oleh para “Pangarso” Permadani yang ada di pusat (DPP) dan di wilayah (DPW) Pati dan Kudus. “Adapun siswa yang telah mendaftar sebanyak 120 orang, terdiri dari berbagai macam kalangan, dari pegawai, guru, ASN, pejabat, petinggi, dan lainnya,” tutur KRT Hendro Suryo Kartiko, S.Sn. yang juga Ketua Pepadi Jepara.

Hadepe