Suasana penyambutan 57 mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2024 di Kampus Unisri Surakarta Jumat (14/2). Dok/UnisriSka)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menyambut 57 mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun 2024. Kedatangan puluhan mahasiswa Inbound PMM  dari 24 perguruan tinggi se Indonesia disambut Rektor Unisri Prof Dr Sutoyo di kampus setempat, Jumat (14/2/2024).

Rektor Unisri Prof Dr Sutoyo dalam sambutan selamat datang yang disampaikan menyatakan, peserta PMM terdiri mahasiswa dari Sabang sampai Merauke tidak salah memilih Unisri yang berada di Kota Solo. Karena Solo merupakan kota budaya, kota ramah, kota tolerani dan masih banyak yg lain.

“Kampus Unisri sudah memenuhi standard dari kementrian. Terbukti perguruan tinggi yang dipimpin mendapat hibah PMM setiap tahun . Salah satu program yang didapat Unisri diantaranya yakni,  hibah dalam rangka peningkatan sumber daya manusia,” kata Rektor  Prof Dr Sutoyo

Meningkat

Pada kesempatan sebelumnya Koordinator PMM, M Hery Yuli Setiawan M.Pd. menjelaskan, Unisri menerima 64 mahasiswa inbound Program PMM tahun 2024 yang lolos seleksi. Dari jumlah itu, 60 mahasiswa melakukan konfirmasi dan tiga lainnya mengundurkan diri karena ada mata kuliah yang tidak ada maupun tidak dapat ijin dari orang tua.

Mahasiswa in bound nantinya akan membaur dengan mahasiswa dari berbagai program studi. Karena itu pihaknya minta para kepala program studi (kaprodi)  mengarahkan mahasiswa untuk mata kuliah mata kuliah yang akan di ambil, demi kelancaran kuliah.

Mengenai jumlah peserta inbound Program PMM tahun 2024  sebanyak 57 mahasiswa dikatakan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 29 mahasiswa.”Untuk mengakomodir 57 mahasiswa ini kami menggunakan dua dosen modul Nusantara untuk belajar tentang budaya, wisata sampai ekonomi kreatif di Kota Surakarta. Kami berharap teman-teman mahasiswa betah disini sampai program PMM ini selesai,” pesan Hery

Sebelumnya Kepala suku, Abdi Gunawan Halawa, mahasiswa Universitas HKBP Nomensen (Medan Sumatera Utara) dalam kata kedatangannya  menyampaikan terima kasih karena  diterima dengan baik di kampus Unisri. Pihaknya  berharap bimbingan serta arahan para dosen di Unisri membantu para mahasiswa berguna bagi bangsa dan negara ini.

Bagus Adji