blank
Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif Msi sedang mengalungkan samir guru besar  kepada seorang profesor baru pada acara pengukuhan yang berlangsung, Sabtu (17/2). Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Jumlah guru besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bertambah menjadi 49 orang. Menyusul berlangsungnya pengukuhan tiga profesor dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis setempat di Kampus UMS, Sabtu (17/2). Ketiga guru yang dikukuhkan yakni Prof M.  Farid Wajdi SE,MM, PhD , Prof Dr Zulfikar SE, MSi dan Prof Ihwan Susila SE, MSi, PhD

Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif Msi dalam kata sambutannya mengatakan, semestinya yang dikukuhkan hari ini ada empat guru besar baru. Namun demikian pengukuhan baru bisa dilaksanakan untuk tiga profesor sehubungan Surat Keputusan (SK) pengakatannya masih berada di meja Pak Menteri.

Selain yang dikukuhkan hari ini terdapat 14 orang lainnya masih dalam proses administrasi . Pada urutan berikutnya masih ada 100 orang kandidat dalam proses administrasi menjadi Lektor Kepala.

“Mudah-mudahan tahun 2025-2026 semuanya bisa meraih guru besar. Bila hal demikian terwujud maka UMS  akan menjadi World Class University pada tahun 2029. Dari sisi SDM sudah direncanakan sejak tahun 2017 mengembangkan peningkatan pendidikan S 3. Sekaligus bertujuan untuk menjadi guru besar,“ tandas Prof Dr Sofyan Anif MSi

Pada kesempatan sebelumnya Prof M.Farid Wajdi SE,MM,PhD pada pidato pengukuhan bertajuk Orientasi Strategis meraih Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan Organisasi antara lain mengemukakan, dalam upaya meraih Sustainable Competitive Advantage (SCA) organisasi atau perusahaan dituntut terus menerapkan orientasi strategis guna mencapai kinerja tinggi didasarkan respon dan penyesuaian dari pengaruh lingkungan yang semakin berubah cepat.

Manajemen berorientasi strategis mencapai SCA harus tersedia seperangkat aset, karakteristikk, atau kemampuan yang memungkinkan suatu organisasi memenuhi kebutuhan pelanggannya lebih baik dari pada pesaingnya dan sulit untuk dilakukan duplikasi atau replikasi. Dalam implementasi strategis organisasi harus menata kesesuaian strategi dengan struktur organisasi, sistem organisasi , budaya organisasi dan SDM.

Masih dalam kesempatan sama Prof Dr Zulfikar SE, Msi  menyampaikan  pidato pengukuhan bertajuk “Etika Bisnis dan Profesional Akuntan dalam Perpekti Moral Sustainability”. Sedangkan pidato pengukuhan bertajuk  “Kepercayaan, Harapan dan Komunikasi Simbolik”disampaikan  Prof Ihwan Susila SE,Msi,PhD.

Bagus Adji