blank
Kepala Satuan Pengawas Kerja Wilayah Pati Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jateng Setyo Pamungkas menyerahkan paial kepada karyawan unit PT Pura yang menjuarai lomba K3. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Menutup bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024, Pura Group menggelar apel yang diikuti oleh semua pengurus dan anggota P2K3 Pura Group di lapangan tenis Tanjungkarang, Jumat (16/2).

Apel dimeriahkan juga dengan penyerahan piala dan hadiah penerapan K3 terbaik bagi unit-unit yang ada di Pura Group.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Satuan Pengawas Kerja Wilayah Pati, Setyo Pamungkas, Direktur HR&GA Pura Group, Agung Subani, Forkopimcam Kecamayan Jati, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam pernyataannya, Agung Subani menegaskan bahwa peringatan bulan K3 tidak hanua dilakukan secara seremonial saja. Namun kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk meningkatkan aplikasi K3 dalam berbagai bentuk kegiatan di Perusahaan dalam rangka antisipasi insiden K3 di Perusahaan.

Apalagi tahun ini, PT. Pura Barutama berhasil mempertahankan bendera emas untuk pencapaian Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Bulan K3 dan pencapaikan bendera emas diharapkan menjadi penyemangat penerapan di berbagai bidang pada kegiatan yang digelar.

“Sistem manajemen dan aplikasi K3 tidak hanya dilakukan melalui pengawasan saja, tapi juga ditekankan pada pelaksanaan untuk menghindari kecelakaan kerja yang bisa menyebabkan kematian, kerugian materi, moril, yang dapat mempengaruhi produktivitas serta motivasi kerja,”kata Agung.

Hal ini menurut Agung selaras dengan tema nasional bulan K3 tahun 2024: Budayakan K3, Sehat Dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”.

Sebelum apel penutupan, bulan K3 di Pura Group juga dimeriahkan serangkaian kegiatan diantaranya penilaian penerapan K3 di seluruh 30 Unit Pura Group dan inspeksi 5R (Ringkes, Rapi, Resik, Rawat & Rajin).

Di akhir apel, juga diserahkan pengumuman dan penyerahan hadiah dan piala bagi juara terbaik penerapan K3 & 5R dan sebagai juara pada tahun ini.

Untuk kategori Percetakan dimenangkan oleh Unit Rotogravure 1, Holografi dan TSS 01, Unit Paper Mill 10 sebagai terbaik Kategori Paper Mill; Sarana Bangun Pusaka sebagai terbaik Kategori Non Percetakan dan Unit Aviasi sebagai terbaik Unit Supporting.

“Kami menyediakan piala dan hadiah uang pembinaan, sebagai apresiasi dan motivasi agar ke depan lebih baik lagi”, jelasnya.

Sementara, Kepala Satuan Pengawas Kerja Wilayah Pati Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jateng, Setyo Pamungkas mengapresiasi upaya Pura Group dalam mengimplementasikan K3 di perusahaannya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Pura Group diharapkan bisa menjadi contoh yang baik bagi perusahaan lainnya.

Setyo menambahkan, di wilayah Satkerwas Pati, ada ratusan perusahaan yang sebagian besar tersebar di Kudus, Jepara, Pati dan Rembang.

Perusahaan-perusahaan tersebut diharapkan bisa meningkatkan implementasi K3 dengan baik di lingkungan kerjanya.

“Kami mendukung upaya Pura Group ini dan berharap perusahaan-perusahaan lain menerapkan hal serupa dalam pelaksanaan K3,”ungkapnya.

Ali Bustomi