TPS 19 Dusun Marong Karangluhur Kertek Wonosobo, tempat almarhumah saat mau mencoblos di Pemilu 2024. Foto : SB/dok Kec Kertek

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Salah satu pemilih di TPS 14 Dusun Marong Desa Karangluhur Kertek Wonosobo Jawa Tengah, UM (53), Rabu 14 Februari 2024, sekitar pukul 09.30 WIB, pingsan dan meninggal dunia saat mau mencoblos di TPS setempat.

Sekretaris Kecamatan Kertek, Syaiful Azhar melaporkan pemilih perempuan yang meninggal dunia dalam proses pencoblosan Pemilu 2024 di TPS, berprofesi sebagai buruh dan merupakan warga Dusun Marong RT 04 RW 10 Desa Karangluhur Kertek Wonosobo

“Kronologi kejadian, pada pukul 09.30 WIB almarhumah berangkat ke TPS 19 Dusun Marong. Pada saat akan registrasi yang bersangkutan tiba-tiba pingsan di tempat tunggu pemilih di TPS 19. Dia lalu dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Wonosobo,” ujarnya.

Setelah dirawat di rumah sakit beberapa saat, lanjut dia, pada pukul jam 10.30 WIB almarhumah meninggal dunia dan sampai di rumah pada pukul 11.00 WIB. UM selanjutnya dimakamkan di pemakaman umum di dusun setempat.

Sementara itu, Kapolsek Kertek AKP Sutono, SH menambahkan
yang bersangkutan menurut keterangan dari keluarga mempunyai riwayat penyakit asam lambung dan darah tinggi. Dua hari yang lalu UM periksa ke RS PKU Muhammadiyah dan disuruh rawat-inap tapi tidak mau.

“Di TPS 19 UM sempat mau mendaftar untuk antri mencoblos. Tapi belum sempat isi daftar hadir, almarhumah pingsan. Dia langsung dibawa ke PKU Muhammadiyah Sudungdewo Kertek Wonosobo dan meninggal di rumah sakit,” jelasnya.

Muharno Zarka