blank
Sat Brimob Polda Jateng menyiapkan makanan untuk para pengungsi bencana banjir di Posko pengungsian. Foto: Dok/Bidhumas

DEMAK (SUARABARU.ID) – Sejumlah personel Sat Brimob Polda Jateng tampak serius menyiapkan makanan untuk para pengungsi bencana banjir di Posko pengungsian SPBU Wonotingal, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak dan di Posko Pengungsian Balai Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, Selasa (13/2/2024).

Terlihat sebuah dapur umum terpasang spanduk bertuliskan “Dapur Umum Sat Brimob Polda Jateng“. Di situlah tim dari Batalyon B Sat Brimob Polda Jateng mendirikan dapur lapangan.

Komandan tim, Iptu. Suwarto bersama beberapa personel Brimob berjibaku mempersiapkan bumbu-bumbu dapur seperti cabe, bawang merah dan sejumlah sayuran untuk membuat menu sarapan pagi untuk para pengungsi.

“Kami tim Batalyon B Sat Brimob sejak beberapa hari lalu sudah disini mendirikan dapur lapangan, guna memenuhi kebutuhan pangan para pengungsi. Dalam satu tim dapur lapangan terdiri dari sepuluh sampai lima belas personel yang khusus bertugas mempersiapkan menu makanan. Kami masak tiga kali dalam sehari dengan menu bervariasi, antara lain nasi dengan lauk telur, daging ayam, tempe dan sayuran,” ungkapnya.

“Setidaknya ada 2.000 makanan siap saji setiap harinya kami buat dan didistribusikan kepada warga korban banjir. Untuk menunya kita sudah pikirkan agar memenuhi gizi yang sesuai dengan kemampuan, dan tetap kami upayakan yang terbaik,” imbuhnya.

Iptu. Suwarto juga memastikan terkait kebersihan dan gizi makanan di dapur lapangan. Pihaknya juga bekerja sama dengan Dokkes (Kedokteran dan Kesehatan) Polres Demak.

“Terkait gizi dan kebersihan makanan menjadi prioritas kami, kita bekerja sama dengan Tim dari Dokkes Polres Demak untuk melakukan pendampingan,” katanya.

Batalyon A Sat Brimob Polda Jateng juga tampak sibuk. Mereka berada di sekitar dapur lapangan yang berbentuk Food truck yang terletak di Posko Pengungsian Balai Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Sebuah Truck Toyota Hino warna hitam yang diberi tulisan “Posko tanggap bencana Sat Brimob Polda Jateng “ siap beroperasi setiap hari memproduksi makanan siap saji untuk para pengungsi.

Komandan tim dapur lapangan Batalyon A Sat Brimob Polda Jateng, Iptu. Duddy mengatakan bersama anggotanya sedang menyiapkan sajian makan siang.

“Untuk sementara ini kami memasak 2.000 makanan dalam sehari, kami akan maksimalkan lagi tergantung kebutuhan dan permintaan. Kami sudah diperintahkan Komandan (Dansat Brimob Polda Jateng) untuk membantu kebutuhan para pengungsi,” terangnya.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Jateng, Kombes Pol Noor Hudaya berperan aktif dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusian membantu bencana banjir yang melanda Kabupaten Demak dan Grobogan, dengan mengirimkan tim SAR dan tim dapur lapangan.

“Keberadaan Brimob di tempat-tempat terjadinya bencana alam sebagai implementasi program Polda Jateng hadir. Kami selalu siap melayani masyarakat kapanpun dan dalam situasi apapun,“ tegas Noor Hudaya.

Ning S