blank
SD Negeri 2 Sidigede Satkordikcam Welahan yang berkolaborasi dengan SDN 4 Sidigede selenggarakan peringatan Isra’ Mi’raj nabi Muhammad SAW

JEPARA (SUARABARU.ID) – Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan salah satu dari lima hari besar Islam yang diperingati setiap tahunnya. Peringatan Isra’ Mi’raj tahun 2024 ini jatuh pada tanggal 8 Februari 2024.

Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa dimana Rasulullah SAW harus melakukan perjalanan satu malam saja, untuk mendapatkan wahyu dari Allah SWT. Perjalanan rasulullah terbagi menjadi dua yaitu dari masjidil Haram ke masjidil Aqsa yang disebut dengan Isra, kemudian perjalanan Rasulullah dilanjutkan menuju langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha yang disebut Mi’raj. Di sinilah Rasulullah mendapat perintah untuk menjalankan sholat wajib.

blank
Plt. Kepala Sekolah SDN 2 Sidigede, Wiwin Patma Dewi, S.Pd

Peristiwa yang terjadi pada 27 rajab tahun ke-10 kenabian tersebut diperingati di SD Negeri 2 Sidigede Satkordikcam Welahan yang berkolaborasi dengan SDN 4 Sidigede sebagai sekolah kampus, melalui serangkaian acara: pembukaan, pembacaan ayat suci Al quran, sambutan, penampilan dari grup rebana SDN 2 Sidigede, mauidhoh khasanah, dan yang terakhir adalah penutup.

Plt. Kepala Sekolah SDN 2 Sidigede, Wiwin Patma Dewi, S.Pd menyampaikan pelaksanaan peringatan Isra’ Mi’raj nabi Muhammad SAW ini untuk meneladani sikap dan sifat nabi Muhammad SAW sehingga bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Dengan memahami perjalanan Nabi Muhammad SWA diharapkan warga sekolah mengetahui kebesaran Allah SWT dalam membina rohani dengan sholat lima waktu.

blank
Penampilan dari grup rebana SDN 2 Sidigede

”Para siswa diharapkan akan meningkatkan iman dan taqwa, mempererat tali silaturahmi, menambah wawasan pengetahuan agama, serta menghayati hikmah-hikmah dan nilai yang terkandung didalam perjalanan nabi Muhammad tersebut”, ulas Wiwin

“Hikmah dan nilai yang luhur tersebut nantinya diharapkan akan membekas dihati sanubari para siswa, dan pada akhirnya para siswa dapat mengamalkan hikmah dan nilai dari Isra’ mi’raj dalam kehidupan sehari-hari”, imbuh Wiwin

Sementara itu ustad Nurul Fawaid dalam siraman rohani mengajak paa siswa untuk tidak meninggalkan sholat lima waktu, walau dalam keadaan sesibuk apapun, mengingat posisi sholat dalam agama Islam sangatlah utama dimata Allah SWT.

blank
Ustad Nurul Fawaid saat menyampaikan tauziahnya

”Jika kita diberi kenikmatan kita harus bersyukur, jangan mengeluh, jangan ngresula terus. Orang yang beruntung itu adalah orang yang menjalankan sholat. Sholat yang baik itu adalah yang khusuk dan ikhlas,” lanjutnya.

Di sela-sela tauziahnya Ustad Nurul Fawaid juga mencoba beberapa siswa dalam hafalan surat pendek.
Akhir dari kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj 2024 di SDN 2 Sidigede adalah doa bersama.

Semoga dengan memperingati peristiwa Isra’ Mi’raj ini warga SDN 2 dan 4 Sidigede dapat meningkat keimanan dan ketaqwaan terhadap allah SWT, sesuai dengan tema peringatan.

Hadepe – Wiwin Patma Dewi, S.Pd