blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memotong tumpeng malam syukuran HPN, didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Ketua PWI Ondo Supriyanto, Kamis 8/2.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di malam syukuran Hari Pers Nasional (HPN)2024 di Pendopo Kecamatan Kebumen, Kamis (8/2), memberikan hadiah spesial bagi para loper koran yang sudah lama bekerja menyebar informasi.

Syukuran HPN 2024 diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kebumen. Acara mengundang banyak tamu dari berbagai instansi dan lembaga. Sejumlah loper koran pun diundang.

Bupati memuji keteguhan para loper koran yang sampai saat ini masih eksis membantu kerja-kerja media dalam menyebarkan berita ke masyarakat. Bupati mengenal betul wajah-wajah loper koran tersebut.

“Dari zaman saya kecil, bapak-bapak ini sudah bekerja jadi loper koran, dan saya waktu sekolah termasuk yang suka berlangganan baca koran. Waktu itu koran masih menjadi media yang primadona. Orang suka baca, mencari informasi, sumbernya dari koran. Siaran TV pun waktu itu masih jarang,”tutur Arif Sugiyanto.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan bingkisan kepada para loper koran.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

Di tengah gempuran teknologi informasi yang kian pesat, Bupati merasa salut dengan para loper koran yang sampai saat ini masih bertahan memasarkan koran. Sebagai bentuk perhatian, Bupati pun memberikan hadiah kepada para loper koran, masing-masing satu juta rupiah.

“Sebagai bentuk apresiasi, atas kinerja dan pengabdian mereka selama puluhan tahun, kita beri hadiah masing-masing dapat Rp1 juta,”ujarnya.

Tak lupa, Bupati juga turut memuji peran media yang selama ini terus aktif mendukung pembangunan di Kebumen di berbagai sektor. Termasuk di sektor wisata. Ia menyebut industri wisata Kebumen kini mengalami banyak kemajuan.

“Berkat dukungan insan pers industri pariwisata di Kebumen semakin maju, semakin dikenal oleh masyarakat luas.  kunjungan wisata di Kebumen menjadi yang terbanyak di Jawa Tengah, ini patut kita banggakan dan apresiasi,”ucapnya.

Pers Memiliki Kredibilitas dan Penyaring Hoak

Menurut Bupati, sebagai mitra strategis pemerintah, pers masih sangat dibutuhkan peranannya untuk menyebarkan berita-berita yang benar. Terlebih dengan semakin derasnya informasi di dunia maya. Produk pers disebut sebagai media yang sampai saat ini masih dipercaya kredibilitasnya.

“Sekarang kita ini kebanjiran informasi, sudah sangat sulit membedakan mana yang benar, mana yang salah. Karena dengan media sosial semua orang bisa memberitakan sendiri informasi yang didapat, tanpa filter. Padahal itu bukan bagian dari produk pers. Produk pers setahu saya ada tata aturannya, legalitasnya jelas, itu yang masih kita percayai dalam menyampaikan informasi yang benar,”terangnya.

Dalam proses pembangunan ini, Bupati pun menyadari masih banyak kekurangan. Ia pun sangat terbuka dan memberikan kebebasan kepada pers untuk menyampaikan kritik atau masukan kepada pemerintah. Sebab, dengan itu kinerja pemerintah daerah diharapkan bisa semakin baik.

“Kalau ada program yang belum tercapai, atau hasilnya kurang baik, ada indikasi kecurangan, kalau itu memang benar, faktanya seperti itu sampaikan saja, tidak apa-apa, biar ini menjadi penyemangat kita untuk bekerja lebih baik lagi,”tandasnya.

Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto mengungkapkan,  9 Februari ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional bersaman hari kelahiran PWI 9 Februari 1946 di Surakarta.

Menurut Supriyanto, di tengah kepungan beragam informasi, pers tetap berperan sebagai filter atas maraknya informasi yang tidak akurat serta berita hoak ata bohong.

Supriyanto menjelaskan, peringatan HPN 2024 di Kebumen mengambil tema Mengawal Demokrasi dan Pembangunan Berkelanjutan.

Pihaknya berterima kasih atas kepedulian dan kehadiran Bupati Kebumen, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Forkopimda pada syukuran HPN.

Hadir pula Kepala Dinas Kominfo Sukamto, Camat Kebumen Karyanto, Pasi Intel Kodim 0709 Kapten Inf Budi Riyanto, Kasi Humas Polres AKP Heru Sanyoto.

PWI juga mengundang mitra kerja dan jajaran humas dari Polres, humas Kodim 0709, humas Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama serta Kemenag Kebumen.

Komper Wardopo