Lokasi TPS 11 Perum Purnamandala Kelurahan Bumireso Wonosobo yang dipersiapkan Ketua KPPS untuk pelaksanaan Pemilu 2024. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Ketua KPPS di TPS 11 Perum Purnamandala Kelurahan Bumireso Wonosobo, Wahyu Jatmiko (43), meninggal dunia saat sedang mempersiapkan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024, Minggu (11/2/2024) sore, sekitar pukul 16.30 WIB.

Almarhum adalah Ketua KPPS di TPS 11 warga RT 04 RW 05 Perumahan Purnamandala Kelurahan Bumireso. Menurut  Ketua RT 04 RW 05Didit Cahyono mengatakan saat itu korban sedang mengangkut meja dan kursi menggunakan gerobak menuju TPS yang akan dipersiapkan.

“Tiba-tiba di tengah perjalanan sekitar 200 meter dari lokasi TPS, tubuh korban lemas, pingsan dan terjatuh di jalan kompleks perumahan. Warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung melarikan korban ke UGD RSI Wonosobo,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Wonosobo, Ruliawan Nugroho. Foto : SB/Muharno Zarka

Namun saat  berada di UGD RSI, korban dinyatakan sudah meninggal dunia. Almarhum yang merupakan warga RT 04 RW 05 Perum Purnamandala itu, langsung dimakamkan di pemakaman setempat malam tadi sekitar pukul 21.30 WIB. Korban selama ini diketahui mengidap penyakit diabetes.

Merasa Kehilangan

Pelepasan jenazah dilakukan oleh Ketua KPU Wonosobo Ruliawan Nugroho. Turut serta mengantar pemakaman jenazah anggota KPU, Riswahyu Raharjo, Okky Haryanto dan Robingul Ahsan dan beberapa anggota PPK Kota Wonosobo.

Ruliawan Nugroho mengaku sangat kehilangan salah satu personel penyelenggara pemilu di tingkat KPPS. Apalagi yang bersangkutan menghembuskan nafas terakhir saat sedang mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 di TPS 11 di RT 06 RW 05 Perum Purnamandala.

“Kami tentu merasa sangat kehilangan dan turut berbela sungkawa. Semoga almarhum meninggal khusnul khotimah dan dapat tempat terbaik di sisi-Nya. Nanti akan dilakukan pergantian Ketua KPPS di TPS 11 dan diharapkan proses pemilu tetap berjalan seperti biasa,” katanya.

Yang menyedihkan, selang beberapa jam sebelumnya, warga di RT 07 RW 05 Perum Purnamandala Setyo W Harjono, personil Kesbasngpol Wonosobo juga meninggal dunia saat sedang menjalankan tugas membersihkan APK di jalan Tembelang Rojoimo Wonosobo.

Muharno Zarka