blank
Bawaslu Wonosobo menggelar rakor dan konsolidasi pengawasan menjelang pemilu di Hotel Surya Asia. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ketua Bawaslu Wonosobo, Sarwanto Priadhi, menyatakan hari ini, Sabtu (10/2/2024), merupakan hari kampanye terakhir bagi peserta Pemilu 2024.

“Karena itu, mulai jam 00.00 WIB, nanti malam, sudah tidak ada lagi alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di tempat umum atau tempat-tempat strategis lainnya,” kata dia.

Sarwanto mengatakan hal itu di sela-sela membuka acara “Rakor dan Konsolidasi Pengawasan dan Persiapan Pengawasan Masa Tenang” yang diikuti perwakilan peserta pemilu dan steakholder lainnya di Hotel Surya Asia, Sabtu (10/2/2024).

Menurut Sarwanto, setelah masa kampanye selesai, selama tiga hari, mulai Minggu (11/2) hingga Selasa (13/2), memasuki masa tenang. Di masa tenang tersebut peserta pemilu sudah tidak bisa melakukan kampanye dalam bentuk apapun.

Apel Bersama

blank
Ketua Bawaslu Wonosobo Sarwanto Priadhi saat memberikan sambutan. Foto : SB/Muharno Zarka

Pada Minggu (11/2) pagi, lanjut dia, pengawas pemilu di tingkat Kecamatan, pengawas di tingkat Desa/Kelurahan dan pengawas di TPS akan melakukan apel bersama di Kecamatan masing-masing.

“Ada 45 pengawas kecamatan, 265 pengawas desa/kelurahan dan 3.091 pengawas TPS yang akan mengikuti apel bersama. Pada siang harinya, baru akan dilakukan pembersihan APK secara serentak di seluruh wilayah Wonosobo,” katanya.

Sarwanto meminta, selain pembersihan oleh pengawas pemilu, APK juga bisa dibersihkan oleh tim peserta pemilu. Tim sukses calon anggota legislatif, calon DPD maupun calon Presiden dan Wakil Presiden, bisa secara mandiri melakukan pembersihan APK.

“Terkait dengan kemungkinan terjadi pelanggaran kampanye pemilu di masa tenang, pengawas di semua tingkatan akan melakukan patroli bersama. Saya berharap tidak terjadi pelanggaran kampanye oleh peserta pemilu di masa tenang,” tandasnya.

Muharno Zarka