Co Captain Timnas AMIN Sudirman Said didampingi Ketua TPD AMIN Kabupaten Kebumen Sri Winarti berdialog denan relawan di GOR Mahkota Graha Desa Ayamputih, kecamatan Buluspesantren, Rabu 7/2.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Mendekati hari pencoblosan Pemilu 2024, Sudiman Said selaku Co Captain Timnas Capres Anis R Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) optimistis, Jateng akan memberi sumbangan suara signifikan bagi kemenangan pasangan calon (paslon) nomor satu.

“Insya Allah progres dari ke hari membaik. Gairah masyarakat luar biasa. Tanggal 10 besok kita Insya Allah kampanye akbar di JIS. Animo masyarakat luar biasa, meski banyak hambatan tapi masyarakat mencari jalan,”tandas Sudirman Said, di GOR Mahkota Raja Desa Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen, Rabu (7/1) pagi.

Acara relawan paslon AMIN itu dihadiri Sekretaris DPC PKB Kebumen Sri Hari Susanti dan tokoh PKB Taufik Hidayah TR, Ketua DPD PKS Kebumen Pramono, serta pengurus dari Partai Nasdem Kebumen, dan Partai Ummat Kebumen. Puluhan relawan juga hadir.

Sudirman Said optimistis pasangan AMIN akan lolos putaran kedua Pilpres2024 dan bisa memenangkan pemilihan. Berdasarkan pemetaan, Jateng akan menyumbang suara signifikan karena daerah ini persainganya cukup menantang.

Ketua relawan Anies sekaligus Ketua TPD AMIN Kebumen Sri Winarto berbicara dengan Sudirman Said, Rabu 7/2.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Menurut Sudirman Said, Tim Pemenangan AMIN tiap kabupaten dan kota kini sedang fokus menata struktur saksi. Para saksi nanti berlapis, di TPS, PPS, KPPS, PPK dan KPU daerah. Bahkan kontribusi para relawan sebagai saksi sangat berarti bagi pemenangan Amin pada proses pemilu 2024.

Pihaknya juga menilai semua pihak, partai pengusung dan relawan telah bekerja keras  bahu membahu berusaha memenangkangan paslon nomor satu. Sampai sekarang koordinasinya berjalan baik dan tidak ada masalah.

Menyinggung suara kritis akademisi dan kampus belakangan ini, Sudirman Said menilai sebagai sebuah hal positif. Bahkan pihaknya patut bersyukur atas perkembangan yang kondusif bagi paslon nomer 1.

Apalagi para akademisi dan para guru besar itu merupakan figur independen. Jika para guru besar dan akademisi disebut partisan, itu menyakitkan. Sebab, banyak dari mereka pendukung Presiden Jokowi.

”Namun setelah melihat ada kemiringan, para akademisi itu berbalik mendukung paslon lain. Menurut saya, sahabat terbaik itu jika dia bisa menegur saya.”

Jangan Musuhi Akademisi

Sudirman Said mengimbau para pemimpin dan penguasa agar tidakmemusuhi para akademisi yang menegur keras. Sebab, menurut dia, memusuhi  para akademisi ibarat naik kendaraan merusak spion, rem dan rambu jalan. Bila alat berkendaraan itu rusak, sangat berbahaya dan bahkan bisa masuk jurang.

“Kita percaya kepada kredibilitas dan integritas para akademisi . Sejarah memang selalu begitu,  saat kondisi negara memburuk, para akademisi akan muncul menyuarakan seruan moral dan kebaikan,”tandas Sudirman Said.

Sudirman Said berharap para pemimpin dan penyelenggara negara mau  mendengar suar rakyat. Termasuk bagi aparat TNI, Polri dan birokrat, tentu memiliki hati nurani.  Suara akademisi dan kampus itu jangan ditekan.

Menurut dia, ibarat air di bendungan yang ditutup, jika bendung tidak kuat akan jebol. Lebih baik suara itu dijawab atau bahkan diperhatikan. Seperti respons Wapres KH Maruf Amin bagus, lebih baik pemerintah memperhatikan suara-suara kampus karena yang disuarakan itu baik.

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) AMIN Kabupaten Kebumen Dra Sri Winarti MH kepada suarabaru.id mengungkapkan, kehadiran Sudirman Said dan Koordinator Sekber Relawan Amin La Ode Basyir ke Kebumen diharapakan bisa memberikan penjelasan kepada para relawan daerah.

Winarti juga meberi kesampatan kepada kader dan relawan daerah untuk bertanya langsung ke Tim AMIN di Pusat. Apalagi Sudirman Said dan La Ode Basyir merupakan juru bicara nasional Tim Pemenangan AMIN. Berbagai perkembangan terkini di Pusat bisa disampaikan kepada relawan dan TPD.

Winarti pun optimistis pasangan Anies R Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024 akan menang di Kebumen. Hal itu berdasar Pilgub 2028 pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziah juga meraih kemenangan 55,6 persen di Kabupaten Kebumen.

Menurut Winarti, kala Pilgub 2018 Sudirman Said didukung PKB dan Gerindra. Sedangkan pada Pilpres ini meski Gerindra ke paslon nomor 2. Namun masih ada Partai Nasdem yang merupakan partai politik progresif.

“Saya optimistis dengan kerja-kerja relawan didukung partai politik pengusung, kita akan bisa memenangkan pasangan AMIN di Kebumen,”tandas tokoh pendidikan asal Desa Kedungpuji, Kecamatan Gombong itu.

Komper Wardopo