blank
Pelda Gatot Hariyanto dari Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi Pemimpin Upacara dalam Perkemahan Pramuka Wira Kartika Kodam IV Diponegoro di Sumowono, Kabupaten Semarang.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bertempat di lapangan Barak Bantir Sumowono, Kabupaten Semarang, Jateng, digelar Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Kodam IV/Diponegoro Tahun 2024. Kegiatan ini, dikemas sebagai Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dengan mengambil tema ”Bersatu dengan Alam, Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, Persami Pramuka Wira Kartika tersebut berlangsung Tanggal 3 sampai dengan 4 Februari 2024. Dibuka secara langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita yang tampil sebagai Pembina Upacara.

Tampil sebagai Perwira Upacara, Mayor (Inf) Muchlisin (Pasi Puan Ter Korem 073/Makutarama), dan Pemimpin Upacara dipercayakan kepada Pelda Gatot Hariyanto dari Kodim 0728 Wonogiri.

Sebagai pembina upacara, Pangdam IV Diponegoro membacakan sambutan Kasad selaku Pembina Saka Wira Kartika Tingkat Nasional. Disebutkan, kegiatan ini digelar sebagai wujud TNI AD dalam memberikan bekal moral bagi para generasi muda, agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan (Wasbang) yang kuat sehingga menjadi generasi yang dapat mengisi kemerdekaan dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Persami ini, ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggungjawab, disiplin, serta kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan alam sekitar.

Melalui kegiatan ini, juga diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan sebagai paru-paru dunia. Yakni untuk membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya, dalam menghadapi bahaya pemanasan global. Ini selaras dengan makna dari tema yang diangkat. Yaitu “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”.

Kepada para peserta perkemahan, Pangdam berpesan agar dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan sebaik-baiknya. Tujuannya, supaya mendapatkan ilmu, yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Agar terbentuk generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.

Ikut hadir dalam upacara pembukaan perkemahan, PJ Gubernur Jateng, Nana Sudjana, Ketua Kwarda Jawa Tengah Slamet Budi Prayitno, Irdam Brigjen TNI Yudi Pranoto, Kapok Sahli Pangdam Brigjen TNI Bambang Sujarwo bersama para Danrem.

Juga hadir Danrindam bersama para Asisten Kasdam, Kabalakdam, para Dandim, unsur Kepolisian Jateng, Bupati Semarang bersama jajaran Forkompimda, Ketua Persit KCK PD IV Diponegoro beserta perwakilan Pengurus, berikut masyarakat Dusun Losari, Desa Bantir, Kecamatan, Sumowono, Kabupaten Semarang.
Bambang Pur