blank
Kapolres Kebumen AKBP A Recky Robertho memberikan sambutan pada pembekalan bagi 570 personel Polres petugas pengamanan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024,di Gedung Setda, Selasa 6/2.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 570 personel Polres Kebumen mengikuti pembekalan pengamanan pemungutan hitung suara Pemilu 2024, Selasa (6/2).

Hal itu mengingat pemungutan dan penghitungan suara yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 pada tahapan Pemilu tinggal menunggu hari.

Polres Kebumen telah melakukan sejumlah persiapan agar bisa secara maksimal mengamankan dan mengawal jalannya pesta demokrasi Pemilu 2024.

Para personel tersebut selanjutnya akan bergeser mengamankan 4.831 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kebumen.

blank
570 anggota Polres Kebumen mengikuti pembekalan pengamanan penghitungan dan pemungutan suara, di Gedung Setda, Selasa 6/2.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

Hadir pula saat pembekalan di Gedung Sekda Kebumen di antaranya Ketua KPU Kebumen Dzakiatul Banat dan Ketua Bawaslu Kebumen Amin Yasir sekaligus sebagai narasumber.

“Kita mengumpulkan di sini khusus anggota yang melaksanakan pengamanan. Hari ini kita akan melakukan pembekalan dan simulasi pengamanan TPS kepada rekan yang terlibat pengamanan,”jelas Kapolres Kebumen AKBP A Recky Robertho dalam sambutannya di Gedung Sekda Kebumen.

Menurut Kapolres, rangkaian panjang tahapan pemilu akan memasuki puncak inti dari pesta demokrasi pada 14 Februari. Personel yang telah mengawal dan mengamankan setiap tahapan pemilu agar selalu memaksimalkan penugasan.

Kapolres juga menegaskan, para personel pengamanan harus mempelajari regulasi Pemilu 2024, sehingga tidak terjadi pelanggaran ataupun kesalahan saat bertugas.

Semakin mendekati tahapan pungut hitung suara, Polres Kebumen telah membuat draf surat perintah pelaksanaan pengamanan. 570 personel Polres Kebumen telah diploting di tiap-tiap TPS.

“Kita sudah membuat draf surat perintah pelaksanaan pengamanan sehingga rekan-rekan diharapakan segera melakukan mapping kerawanan di tiap TPS yang akan dijaga,”ujar AKBP Recky.

Pada kegiatan puncak pembekalan, para personel menyaksikan simulasi pemungutan di TPS. Mulai dari pemilih datang ke TPS, tahap pencoblosan hingga memasukkan surat suara ke kotak suara.

Menurut Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Setyoko, hingga saat ini rangkaian tahapan pemilu berjalan sangat aman di Kabupaten Kebumen. Ia berharap agar para personel Polres Kebumen melaksanakan tugas dengan ikhlas dan tanggung jawab.

Komper Wardopo