blank
Empat siswa SD Kristen Satya Wacana boyong prestasi di kancah regional dan nasional. Foto: Dok/UKSW

 

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Prestasi gemilang kembali diraih oleh Siswa Sekolah Dasar (SD) Kristen Satya Wacana pada kejuaraan tingkat regional dan nasional, belum lama ini.

Kali ini datang dari empat siswa SD Kristen Satya Wacana. Keempat siswa tersebut adalah Joshua Sean Hebron Kansil, Kanaya Atiya Jasmine, Kesia Anastasia Ferdian Hartono, dan Prawira Erel Imanuel Prakasa.

Joshua Sean Hebron Kansil dan Kanaya Atiya Jasmine berhasil mengukir prestasi pada ajang Indonesia Inter Student Taekwondo Championship (IISTC) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) di Indoor Stadium Kelapa Dua, Tangerang.

Joshua sapaan akrab siswa kelas 6 SD ini berhasil meraih juara I pada cabang olahraga (cabor) Taekwondo dan Kanaya siswa kelas 5 SD berhasil meraih Juara II pada cabor Kyorugi Putri Kelas C.

Sementara itu, Kesia Anastasia siswa kelas 6 SD berhasil menyabet tiga kemenangan dalam Kejuaraan Indonesia Wushu All Games (IWAG) 2023 yang dilaksanakan di Gedung Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Medan, Sumatera Utara.

Adapun kemenangan tersebut yakni Juara II pada kategori Open Sumut Chang Quan Junior C, Juara III pada kategori Open Sumut Gunshu Junior C dan Juara III pada kategori Open Sumut Daoshu Junior C. Tak ketinggalan, Prawira Erel siswa kelas 2 SD ini juga mendapatkan Juara I pada kategori Bulutangkis Tunggal dalam Kejuaraan Kota (Kejurkot) 2 Salatiga Bulutangkis Milk Life Open 2023 di Gor Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Kota Salatiga.

Kepala Sekolah SD Kristen Satya Wacana Amrih Gunarto, S.Sn., M.Pd., mengungkapkan rasa bahagianya atas prestasi yang diraih para siswa tersebut. “SD Kristen Satya Wacana bersyukur pada penghujung tahun 2023 lalu prestasi siswa semakin banyak,” ungkapnya.

Meningkatkan prestasi siswa

Disampaikannya, prestasi yang mereka ukir tak luput dari dukungan sekolah dengan orang tua. “Untuk meningkatkan prestasi siswa, kami selalu bersinergi dengan para orang tua khususnya dalam memberikan informasi perlombaan pada tingkat regional, nasional hingga internasional,” bebernya.

Selain itu, upaya yang dilakukan sekolah untuk mendukung bakat siswa baik secara akademik dan non akademik adalah dengan memberikan bimbingan. “Saya berharap mereka terus meningkatkan prestasinya, tak hanya di kancah nasional tetapi juga pada tingkat internasional,” imbuhnya.

SD Kristen Satya Wacana akan memperbanyak prestasi siswa pada event internasional dan diharapkan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan lomba tingkat nasional, kata Amrih Gunarto saat disinggung mengenai target ke depan.

Kebanggaan tersebut tak bisa disembunyikan oleh keempat siswa tersebut. Joshua peraih Juara II pada ajang Bali Taekwondo International Championship 2023 ini menyampaikan rasa bahagianya karena berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi IISTC 2023. “Saya bahagia mendapatkan juara ini. Melalui prestasi ini saya bisa membanggakan kedua orang tua dan sekolah,” ungkapnya.

Naya sapaan akrab siswa asal Salatiga yang juga mengikuti kompetisi IISTC 2023 ini menceritakan pengalamannya mengikuti kompetisi. “Saya sangat bahagia karena latihan yang saya lakukan selama ini tidak sia-sia. Setiap hari saya terus berlatih, lama latihannya 2 hingga 3 jam,” terang Naya.

Sementara itu, Kesia Anastasia menyampaikan terima kasihnya kepada orang tua dan sekolah atas dukungan yang diterimanya. Senada dengan Kesia Anastasia, Prawira Erel siswa usia 8 tahun ini juga mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi yang telah diraih.

Prestasi yang diraih keempat siswa tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc. Prof.

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., juga memberikan selamat atas raihan prestasi tersebut.

Ning S