blank
Gerakan massal tanam pohon dilakukan di wilayah Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri. Tujuannya untuk konservasi tanah, mencegah erosi dan kelestarian lingkungan, serta mencegah bencana longsor.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Gerakan massal tanam pohon, Sabtu (3/2), dilaksanakan di wilayah Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan jajaran Forkompimcam bersama Perangkat Desa dan masyarakat Batuwarno,

Penerangan Kopdim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, ikut hadir Danramil-06/Batuwarno yang diwakili Peltu Dedi Kurniawan bersama anggota Babinsa. Lokasi penanaman bertempat di lahan milik Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan (LPMDH) Kecamatan Batuwarno, Wesday Istiadi.

Kegiatan tanam pohon ini, dilakukan dalam ikut mensukseskan program pemerintah dalam Gerakan Menanam Sejuta Pohon. Penanaman pohon, bertujuan untuk memelihara kelestarian lingkungan agar tetap hijau dan asri, menjaga udara sejuk bebas polusi. Juga untuk tujuan konservasi tanah, yakni untuk mencegah erosi dan mengantisipasi ancaman bencana tanah longsor. Juga untuk memproteksi Sumber Daya Air (SDA), dalam upaya melestarikan kesuburan lahan.

Danramil-06/Batuwarno Kapten (Inf) Toto Mardoyo melalui Peltu Dedi Kurniawan, menyatakan, bibit pohon yang ditanam terdiri atas jenis Pohon Kayu Putih sebanyak 3.800 batang. Juga bibit Pohon Alpukat sebanyak 1.150 batang.
Kepada masyarakat, diminta untuk peduli merawat pohon yang ditanaman tersebut. Agar kelak di kemudian hari dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

Upaya merawat tanaman, penting dilakukan agar keberadaannya dapat tumbuh berkembang, untuk tujuan pelestarian alam. ”Kalau kita peduli menjaga alam, maka alam pun akan menjaga kita,” tutur Peltu Dedi.
Bambang Pur