Bupati Joko Sutopo (kedua dari kiri) bersama Ketua Bawaslu Antonius Joko Wuryanto, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah serta Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono (ketiga, keempat dan kelima dari kiri) memimpin pelepasan balon, menandai kesiapsiagaan pengawasan Pemilu 2024.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri Pimpinan Ketua Bawaslu Antonius Joko Wuryanto, Sabtu (3/2), menggelar apel siaga pengawasan Pemilu 2024. Apel digelar di pelataran objek wisata tirta Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Joko Sutopo, Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono bersama jajaran Forkompimda.

Juga hadir Ketua DPRD, Ketua bersama Anggota Bawaslu Wonogiri, Ketua dan Anggota KPU Wonogiri, jajaran Panwascam se-Kabupaten Wonogiri, serta Pimpinan Dinas Instansi terkait.

Ketua Bawaslu Wonogiri Antonius Joko Wuryanto, menyatakan, tahapan kampanye sebentar lagi akan berakhir. Untuk kemudian memasuki masa tenang, yakni tahapan krusial yang memerlukan pengawasan extra. Selama masa tenang, tandas Joko Wuryanto, harus memastikan tidak ada lagi kampanye.

Terkait ini, tandas Joko Wuryanto, para Pengawas Pemilu harus siap untuk mengawal demokrasi. ”Semua pengawas pemilu harus memahami tentang aturan dan regulasi Pemilu 2024, tedgasnya.

Kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu se-Kabupaten Wonogiri, diseru untuk jangan berhenti dalam melakukan konsolidasi secara internal. Juga proaktif membangun komunikasi bersama pihak luar dengan baik. ”Yang tak kalah penting, jangan takut dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas, karena kita melaksanakan perintah berdasarkan Undang-Undang,” tegas Joko Wuryanto.

Pilar Demokrasi

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Pemilihan Umum, tandas Kapolres, merupakan pilar utama dalam demokrasi. Diharapkan, dapat berlangsung dengan aman, tertib, santun sehat dan damai, untuk memastikan suara rakyat benar-benar dapat terwakili dengan baik.

“Saya mengajak seluruh komponen masyarakat, mulai dari penyelenggara pemilu, peserta pemilu, hingga masyarakat umum, untuk bersama- sama menjaga ketertiban, keamanan, dan kedamaian,” tegas Kapolres.

Kapolres mengajak semua pihak menjaga demokrasi dengan sepenuh hati, dan menjadikan Pemilu 2024 sebagai tonggak sejarah keberhasilan bersama. Saat ini, tambah Kapolres, situasi dan kondisi di Kabupaten Wonogiri relatif kondusif. Namun selaku aparat keamanan, Polri dan TNI selalu siap mengawal pesta demokrasi bangsa, demi terwujudnya Pemilu 2024 berlangsung aman dan damai.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, dalam kegiatan apel siaga pengawasan Pemilu 2024 tersebut, Polres Wonogiri menerjunkan personel pengamanan guna kelancaran apel. Pengamanan, merupakan bagian dari komitmen Kepolisian dalam mendukung proses demokrasi di negeri ini.

Untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses tahapan Pemilu 2024, Polres Wonogiri senantiasa berupaya meminimalisir terjadinya pelanggaran. Utamanya yang dapat berdampak pada terganggunya kondusifitas wilayah Kabupaten Wonogiri.
Bambang Pur