blank
Pelatihan barbershop di Lapas Semarang. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pelatihan barbershop bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Semarang digelar di aula Lapas, Jumat (2/2/2024).

Dalam pelatihan, Lapas Semarang menggandeng hairstyler ternama dari Grand Exotic.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh 10 warga binaan (narapidana) terpilih yang didampingi jajaran bidang kegiatan kerja.

Kepala Bidang Kegiatan Kerja, Muhammad Bahrun mengungkapkan, saat ini pihaknya (unit kegiatan kerja) masih kekurangan tenaga ahli.

“Ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kualitas pembinaan kemandirian yang ada di Lapas Kelas I Semarang, terutama pada unit barbershop. Karena di unit ini kita membutuhkan tambahan tenaga yang terampil, akibat banyaknya antrian pelanggan tiap harinya, hingga sempat membuat para pekerja kewalahan.” ungkap Bahrun.

Sementara Instruktur barbershop, Yoyok mengungkapkan pengalaman barunya menjadi instruktur untuk narapidana di Lapas.

“Ini pengalaman baru saya menjadi instruktur barbershop di Lapas, saya sangat senang terhadap antusias mereka untuk belajar beberapa teknik dasar potong rambut,.” ucapnya.

Dalam pelatihan sendiri diberikan teknik dasar potong seperti solid, pemangkasan rambut dengan pengangkatan sudut 0º dan layer pemangkasan dengan sudut pengangkatan 90º sampai dengan 180º, sehingga membentuk trap penuh.

“Mengenai jenis rambut dan potongan yang cocok untuk rambut, diharapkan ketrampilan para peserta dapat berkembang.” tambah Yoyok.

Kalapas Semarang, Usman Madjid berharap pelatihan seperti ini terus digelar untuk meningkatkan pembinaan kemandirian di Lapas.

“Pelatihan ini diharapkan menambah tenaga baru dan meningkatkan ketrampilan untuk para pekerja yang sudah ada, khususnya di barbershop sebelumnya. Kedepan akan ditambah lagi pelatihan-pelatihan yang lain agar banyak variasi keahlian,” kata Usman.

Ning S