blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Setelah berusia 23 tahun, hari ulang tahun Kecamatan Kalinyamatan untuk pertama kalinya diperingati. Rangkaian kegiatan yang dilangsungkan Kamis (1/2/2024) siang hingga malam di kompleks kantor kecamatan, mendapat sambutan antusias dari warga setempat. Bazar usaha kecil dan menengah (UKM) yang diikuti 12 stan dalam kegiatan itu, membukukan omzet lebih dari Rp25 juta hanya dalam waktu beberapa jam.

“Ini menunjukkan warga Kalinyamatan mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki. Kuliner dan UKM yang sejak dulu ada, mengantarkan Kalinyamatan mengalami perkembangan luar biasa,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara yang juga camat pertama di Kalinyamatan, Edy Sujatmiko. Dia hadir pada malam hari bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hery Yulianto serta Kepala Bappeda Hasanuddin Hermawan.
Edy Sujatmiko mengapresiasi para petinggi yang memberi dorongan kepada pihak kecamatan untuk menggelar peringatan hari jadi, mulai tahun ini. Menurutnya, peringatan itu menjadikan Kalinyamatan nenjadi satu-satunya kecamatan di Jepara yang memiliki agenda peringatan hari jadi, setelah agenda yang sama di tingkat kabupaten.
blank
“Saya dilantik jadi Camat Kalinyamatan oleh Bupati di pendopo kabupaten pada 29 Desember 2000 saat Kalinyamatan dimekarkan dari Pecangaan, bersamaan dengan Kecamatan Kembang yang dimekarkan dari Bangsri. Tapi pelantikan saya sebagai camat oleh Gubernur Jawa Tengah, memang sudah masuk bulan Januari 2001, atau 23 tahun lalu,” kata Edy Sujatmiko.

Dia berterima kasih atas guyubnya warga Kalinyamatan yang dipelopori para petinggi dalam kegiatan tersebut.
blank
“Semoga ini memperkokoh persatuan dan kesatuan. Apalagi 13 hari lagi kita menyongsong Pemilu yang membutuhkan kuatnya ikatan persatuan,” tambahnya.

Plt. Camat Kalinyamatan Ferry Yudha Adhi Dharma sebelumnya melaporkan, peringatan hari jadi itu memang berawal dari dorongan para petinggi.

“Momentumnya adalah gelar pahlawan nasional Ratu Kalinyamat tahun lalu. Kami didorong ‘Kapan lagi kita mulai memperingati hari jadi kecamatan kita kalau bukan sekarang’” kata Ferry yang saat acara itu berlangsung, menjalani hari terakhirnya bertugas sebagai Plt. Camat Kalinyamatan, digantikan Plt. Camat baru Budi Prisulistyono.

Acara itu dihadiri perwakilan Polsek dan Komandan Koramil setempat. Juga para mantan camat. Hadir pula kepala Puskesmas, KUA, koordinator Satkordikcam, dan semua lembaga di Kalinyamatan termasuk sekolah.

“Semua mengirim ingkung,” tambah Ferry.

Menurutnya, ide menggelar bazar baru muncul tiga hari sebelum acara. Seluruh desa di Kalinyamatan, ikatan pengusaha, serta beberapa lembaga mengisi stan yang disediakan. “Bazar buka sejak pukul sebelas siang, menjadi daya tarik masyarakat. Sampai sore tadi, omzet yang berputar mencapai Rp25,3 juta,” lapor Ferry.
blank
Plt. Camat baru Budi Prisulistyono mengatakan, dia siap melanjutkan pemberdayaan UKM seperti pada bazar malam itu.

Hadepe – Bakopi