blank
Bupati Indrata Nur Bayu Aji (kiri berdiri di podium), menyampaikan sambutan pada Rakor Forkompimda bersama Forkompimcam dan Tiga Pilar Desa se Kabupaten Pacitan, menuju Pemilu aman dan damai.(Dok.Prokopim Pemkab Pacitan)
PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, menekankan, Tiga Pilar Desa (Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa) agar menjaga kondusivitas. Trio pilar desa tersebut, sekaligus diminta mengajak masyarakat untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Indra Nu Bayu Aji, sebagai orang pertama di Kabupaten Pacitan, menyatakan, indikator suksesnya Pemilu bisa diukur dari tingkat seberapa besar partisipasi dari masyarakat. Utamanya masyarakat pemilih yang menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, hal tersebut disampaikan Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), Selasa (30/1), dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) jajaran Forkopimda dan Forkopimcam bersama Tiga Pilar Desa se Kabupaten Pacitan.

Rakor yang mengambil tema; “Menuju Pemilu 2024 Aman dan Damai” ini, digelar di Gedung Sasono Aji Mulyo Desa Arjowinangun, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

Bupati Indrata Nur Bayu Aji, menyatakan, pondasi suksesnya Pemilu manakala jalannya pesta demorakasi bangsa Indonesia tersebut, berjalan damai, adem ayem dan tentram. Terjauhkan dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Berkaitan itu, Forkopimda, Forkopimcam, unsur Tiga Pilar Desa, bersama institusi penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu, mempunyai peran penting dalam rangka menyuikseskan Pemilu 2024.

KPU dan Bawaslu, sebagai lembaga penyelenggara Pemilu, akan memastikan proses Pemilu dapat digelar secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Hal ini harus dilakukan dengan bekerja sepenuh hati dan sekuat tenaga, untuk melaksanakan Pemilihan Umum, yang secara serentak akan dilakukan pada Tanggal 14 Februari 2024 nanti.

Kondusif

”Tentunya kita semua layak memberikan apresiasi dan penghargaan atas kinerja KPU dan Bawaslu Kabupaten Pacitan beserta jajarannya, tandas Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji.

Kata Bupati, Forkopimda, Forkopimcam, bersama unsur Tiga Pilar Desa, adalah support system yang akan membantu penyelenggara Pemilu. Yakni dalam mewujudkan pelaksanaan pesta demokrasi bangsa Indonesia pada Tanggal 14 Februari 2024 nanti, berjalan dengan sukses dan lancar.

Untuk itu, Mas Aji, berpesan, agar selalu menjaga sinergitas, kolaborasi dan kewaspadaan bersama. Hal itu penting dilakukan, guna mendorong partisipasi pemilih untuk hadir di TPS, dengan tetap menjaga kerukunan dan ketertiban.

Bupati Indrata Nur Bayu Aji, berharap, pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Pacitan, dapat diwujudkan dalam situasi yang tetap guyup rukun, ayem tentrem, baik sebelum atau sesudah pelaksanaan pemungutan suara.

Harapan sama, juga disampaikan Dandim 0801 Letkol (Inf) Roliyanto dan Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho, beserta perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Pacitan, saat memberikan pembinaan. Semua berharap, pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Pacitan, berjalan dalam situasi yang kondusif, aman, lancar serta damai.

Rakor jajaran Forkopimda, Forkopimcam bersama Tiga Pilar Desa menuju Pemilu 2024 yang aman dan damai tersebut, sekaligus menjadi wahana silaturahmi dan saling mengenal satu sama yang lain. Yakni dalam upaya membangun sinergitas kebersamaan guna tetap mewujudkan situasi Pacitan yang kondusif.
Bambang Pur