blank
Aksi donor darah massal dari komunitas Bang Japar Komando Wilayah Sukoharjo, dilaksanakan bekerjasama dengan PMI Cabang Sukoharjo.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Aksi donor darah secara massal, digelar oleh komunitas Bang Japar Komando Wilayah Sukoharjo.  Gelar aksi donor darah secara sukarela ini, dilaksanakan atas kerjasama Bang Japar dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sukoharjo.

Ketua Bang Japar Komwil Sukoharjo, Slamet Guteres, menyatakan, donor darah massal ini bertujuan untuk untuk membantu warga yang membutuhkan tambahan darah. Juga mengharap ridha dari Allah SWT. Bakti sosial (Baksos) donor darah ini, digelar Minggu (28/1) di rumah Marsudi, Kampung Majan, Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo.

Tim PMI yang melaksanakan pengambilan darah, datang ke lokasi untuk memberikan pelayanan model jemput bola. Para pendonor yang datang, lebih dulu mendapatkan pemeriksaan kondisi kesehatannya.

Pihak PMI Cabang Sukoharjo, menargetkan hanya melakukan pengambilan darah sebanyak 35 pendonor. Selebihnya, pendonor diminta datang ke Kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Sukoharjo.

Tokoh masyarakat Sukoharjo, Begug SW, mengabarkan, aksi donor darah massal ini dikemas dengan tajuk ”Ayo Donor Darah, Kita Sehat Mereka Selamat. Setetes Darahmu Penyambung Hidupku.” Pengambilan darah dimulai Pukul 08.00 sampai dengan Pukul 12.00.

Sekretaris Bang Japar Komando Wilayah Sukoharjo, Rahman Ardiyanto, menyebutkan, donor darah kali ini berhasil melakukan pengambilan darah sebanyak 26 dari 27 orang pendonor sukarela. Terdiri atas darah Golongan A sebanyak 9 colf (kantung), Golongan B (6 colf), Golongan O (9 colf) dan Golongan AB (2 colf). Satu orang ditolak, karena alasan masih dalam perawatan minum obat untuk penyembuhan.

Aksi donor darah ini, menjadi salah satu program rutin Bang Japar  Komwil Sukoharjo. Kali ini, merupakan aksi donor darah yang Ke-22. Kegiatan sosial kemanusiaan ini, dilaksanakan dalam upaya melatih dan membentuk jiwa kepedulian para anggota dan masyarakat. Utamanya untuk menumbuhkan sikap peduli membantu terhadap sesama.

Kegiatan aksi donor darah Bang Japar ini, dihadiri para personel dari Polsek Nguter, terdiri atas Iptu Raharjo, Aiptu Singgih dan Aiptu Rohmad. Juga hadir Sertu Handoko dari Koramil Nguter. Dalam kesempatan itu, Iptu Raharjo, berpesan agar Bang Japar ikut menjaga situasi Kambtibmas agar tetap kondusif, dalam rangka mendukung suksesnya Pemilu 2024 yang aman dan damai.
Bambang Pur