blank
Tim relawan saat mengevakuasi pendaki puncak Argopiloso Gunung Muria yang terjatuh ke jurang. Foto: BPBD Kudus

KUDUS (SUARABARU.ID) – Seorang pendaki puncak Argopiloso Pegununungan Muria, Kudus, berhasil dievakuasi setelah terjatuh ke jurang. Beruntung pendaki asal Grobogan ini berhasil selamat dan hanya mengalami cedera ringan.

Kapolsek Dawe AKP Budianto menyebutkan dari identitasnya, pendaki berjeni kelamin perempuan tersebut bernama Robiatul Nurul Fadilah (21) mahasiswi yang merupakan warga Dukuh. Kedaton RT 9 RW 4 Desa Pulorejo Kec. Purwodadi, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Yang bersangkutan diketahui mendaki puncak Argopiloso bersama romobongan berjumlah delapan orang melalui jalur Desa Japan, Kecamatan Dawe pada Sabtu (27/1).

“Dari informasi yang ada, kelompok pendaki tersebut sudah berhasil mencapai puncak dan dalam perjalanan turun,”kata Kapolsek.

Namun saat di tengah perjalanan turun, korban terpeleset dan jatuh ke dalam jurang dengan kedalaman dengan kedalaman sekitar 80 meter.

Beruntung saat jatuh, korban tersangkut pohon sehingga tidak jatuh lebih dalam.

Mengetahui hal tersebut, rekan-rekan korban berusaha menolong dengan bergelantungan pada akar-akar pohon. Sementara, rekan korban yang lain langsung turun untuk meminta pertolongan.

Tak berapa lama, tim SAR gabungan dari Destana Desa Japan, BPBD, TNI dan Polri langsung datang untuk melakukan evakuasi.

Setelah beberapa saat melakukan evakuasi, korban akhirnya berhasil diselamatkan dan dibawa untuk mendapatkan pertolongan medis.

“Korban mengalami cidera kaki kiri dan kedingingan. Meskipun medan cukup sulit, sekitar pukul 20.00 WIB berhasil membawa korban ke Pos Rejenu untuk kemudian dibawa ke Puskesmas Dawe,” pungkasnya.

Ali Bustomi