blank
BANDENG SALTO - Bupati Pemalang Mansur Hidayat turut mempraktekkan pembuatan bandeng salto. (Foto: Diskominfo)

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Bandeng Salto merupakan produk asli Ulujami, Kabupaten Pemalang yang sudah terkenal. Untuk lebih membuat terkenal lagi, pemkab setempat menggelar Festival Bandeng Salto di Desa Kertosari Kecamatan Ulujami, Sabtu (27/1/2024).

“Mudah-mudahan dengan festival ini, Bandeng Salto bisa lebih terkenal ke berbagai daerah baik di Pemalang maupun daerah lain,” ujar Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka festival.

Bupati menerangkan, dan dengan diadakannya festival, ia berharap kuliner itu bisa lebih terkenal, baik di dalam maupun di luar Pemalang. “Kegiatan ini diprakarsai oleh Camat Ulujami beserta para kepala desa, dan Pemkab Pemalang,” ungkap Bupati.

Dirangkum dari berbagai sumber, Bandeng Salto merupakan branding produk kuliner bandeng asli Ulujami Pemalang. Bandeng Salto berasal dari akronim salai dan presto. Kuliner olahan bandeng kemasan ini menampilkan salai bandeng dan bandeng presto yang telah dibumbui.

Salai adalah makanan yang diolah dengan proses pengasapan atau dipanggang hingga kering. Salai pisang contoh kuliner salai yang cukup populer.

Nur Muktiadi