90 Tahun SD Marsudirini
Kepala Sekolah SD Marsudirini St Yoseph Muntilan, Suster Maria Gerda OSF ( berdiri,red) saat mendampingi para siswa SD Marsudirini St Yoseph Muntilan,Kabupaten Magelang yang sedang melakukan penghijauan lereng Gunung Merapi, tepatnya di Taman Imatuka, Dusun Gemer, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jumat ( 26/1/2024). Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID ( SUARABARU.ID)-  Sebanyak 240  siswa SD Marsudirini St Yoseph Muntilan,Kabupaten Magelang melakukan gerakan penghijauann di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Taman Imatuka, Dusun Gemer, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Kegiatan tersebut merupakan acara pembuka dari serangkaian kegiatan “Semarak 90 Tahun SD Marsudirini St Yoseph Muntilan”.
“Gerakan penghijauan ini merupakan rangkaian semarak 90 tahun SD Masudirini St Yoseph Muntilan, yang akan diperingati 1 Agustus mendatang,” Kepala Sekolah SD Marsudirini St Yoseph Muntilan, Suster Maria Gerda OSF di sela-sela gerakan penanaman pohon di Dusun Gemer, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jumat ( 26/1/2024).

Suster Gerda mengatakan, gerakann penghijauan tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian SD Marsudirini St Yoseph Muntilan terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, juga untuk memberikan pendidikan karakter bagi para siswa untuk mengasah kepedulian sosial terhadap alam sekitar dan menghargai hasil alam.

Pada aksi tersebut, para siswa menaman 81 pohon Tabebuya di Taman Doa Imatuka yang berjarak sekitar 6 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Sedangkan, sembilan pohon lainnya, yakni pohon Pule ditanam di lingkungan sekolah.

“90 pohon yang ditanam untuk penghijauan ini melambangkan 90 tahun usia SD Marsudirini St Yoseph Muntilan yang berdiri sejak 1 Agustus 1934 silam,”katanya.

Selain melakukan penghijauan di lereng Gunung Merapi, kegiatana lain dalam rangka memperingati 90 tahun SD Marsudirini St Yoseph Muntilan, pada kegiatan yang  mengambil tema “Bergerak dan Berdampak” tersebut juga, sejumlah kegiatan juga akan dilaksanakan hingga 1 Agustus mendatang.

“Kegiatan lain yang akan dilakukan  oleh para siswa SD Marsudirini Muntilan ini, diantaranya akan melakukan kunjungan ke Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Kan Kiong Muntilan. Selain itu, anak –anak juga akan melakukan kegiatan berbagi kasih,”kata salah satu guru SD Marsudirini St Yoseph Muntilan, Aloysius Heri Wahyunarto

Heri  menambahkan, kegiatan berkunjung ke Tempat Ibadah Tri Dharma Hok Kan Kiong Muntilan pada Ferbuari mendatang tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di kalangan para siswa. Selain itu, juga dalam mengimplementasikan semangat Belajar Merdeka, utamanya penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Sedangkan, kegiatan berbagi kasih dengan masyarakat yang memerlukan, para siswa menyisihkan uang dari sebagian uang jajan mereka,”katanya. W. Cahyono