blank
Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana, meresmikan tujuh proyek strategis infrastruktur di Brebes. Foto: Pemprov Jateng

BREBES (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meresmikan tujuh proyek strategis di Kabupaten Brebes pada Kamis, 25 Januari 2024.

Proyek yang diresmikan itu meliputi Alun-alun Kabupaten Brebes, peningkatan tiga ruas jalan di Kabupaten Brebes, peningkatan Terminal Tipe C Banjarharjo, rehabilitasi jaringan irigasi Bendung DI Kembang, pembangunan Gedung Laboratorium Biosafety level 2.

Selain infrastruktur, juga ada tiga proyek strategis pengadaan barang di Kabupaten Brebes.

“Alun-alun harus menjadi etalase kabupaten. Saya harapkan, alun-alun ini dapat menjadi ruang publik untuk berbagai aktivitas dan ruang demokrasi. Bahkan, jadi tempat pertemuan sosial masyarakat,” katanya saat meresmikan penataan koridor Jalan Diponegoro atau Alun-alun Kabupaten Brebes.

Tempat pertemuan sosial masyarakat itu, lanjut Nana, juga  dapat berkaitan dengan aktivitas perekonomian. Dengan begitu, peluang masyarakat untuk memanfaatkan ruang publik tersebut sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat.

“Ini upaya dari Pemprov Jateng dan Pemkab Brebes untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, menangani kemiskinan, dan menyejahterakan masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Pj Bupati Brebes, Iwanudin Iskandar menambahkan, proyek strategis tersebut didanai dari beberapa sumber, meliputi Bantuan Gubernur Jawa Tengah, APBD Kabupaten Brebes, dan dana alokasi khusus (DAK). Total nilai kontrak dari seluruh proyek tersebut adalah Rp77,4 miliar.

“Proyek strategis ini dalam upaya menyelesaikan isu-isu strategis. Antara lain peningkatan pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran terbuka, peningkatan IPM, dan stunting di Brebes,” katanya.

Diaz Aza