blank
Pelantikan sebanyak 280 KPPS Desa Tahunan.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Pemilihan Umum 2024 tinggal menghitung hari. Hajat lima tahun sekali bangsa Indonesia dalam memilih Presiden, Wakil Presiden, Anggota Legislatif mulai tingkat Kabupaten (DPRD), Provinsi, DPR RI, dan DPD ini akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Sejumlah persiapan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Dilansir dari Antara, KPU RI hari ini, Kamis, (25/1/2023) secara serentak melantik 5.741.127 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di 71.000 lokasi yang acaranya dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta.

Salah satu tempat pelantikan anggota KPPS digelar di Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) desa, sebanyak 280 anggota KPPS secara resmi dilantik. Pelantikan dihadiri langsung oleh Komisioner KPU Kabupaten Jepara, Ketua PPK Tahunan, Ketua PPS Tahunan, Petinggi Desa Tahunan, Babinsa, Babinkamtibmas serta Ketua BPD Tahunan.

“Logistik Pemilu yang berbahan kertas ini memerlukan bahan yang begitu banyak. Dalam catatan kami, logistik pemilu yang berbahan utama kertas diperlukan sebanyak 65.989 ton. Dalam hitungan kami, setiap bibit pohon itu setara dengan 11,6 kilogram kertas,” kata Hasyim Asy’ari yang disampaikan oleh Ketua PPS Desa Tahunan Mahmudatul Jamilah.

Dengan demikian, jika jumlah keseluruhan bibit yang ditanam dikalikan dengan 11,6 kg, maka hasilnya setara dengan 66.234.816 kg kertas atau 66.234 ton kertas.

“Ini kami berusaha reboisasi atau melakukan konservasi atas penggunaan bahan kertas di dalam Pemilu 2024,” kata Hasyim.

Selain acara pelantikan, 280 anggota KPPS Desa Tahunan yang terdapat 40 TPPS ini juga mendapatkan bimbingan teknis dan rencananya akan dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon serentak.

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mengumumkan KPU RI mencetak tiga rekor untuk pelantikan serentak anggota penyelenggara pemilu terbanyak, bimbingan teknis serentak kepada anggota pemilu terbanyak, dan penanaman bibit pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu terbanyak.

ua