blank
Rapat Koordinasi aksi HAM dan kabupaten/kota peduli HAM di Kanwil Kemenkumham Jateng. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah mendorong 35 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jateng menjadi kabupaten/kota berpredikat peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto mengatakan, upaya mendorong peduli HAM sangat penting, sehingga seluruh masyarakat bisa mendapatkan apa yang menjadi hak-haknya.

“Penanganan masalah HAM merupakan tugas mulia. Marilah kita bersama-sama bersinergi dan kolaborasi dalam menggelorakan HAM ini,” katanya saat membuka Rapat Koordinasi Aksi HAM dan kabupaten/kota peduli HAM over di Aula Kresna Basudewa pada Selasa (23/1/2024).

Disampaikan, Kemenkumham Jawa Tengah menyelenggarakan rapat koordinasi pelaksanaan penyampaian pelaporan aksi HAM B03 pemerintah Provinsi, kabupaten/kota, dan persiapan pengumpulan data penilaian peduli HAM tahun anggaran 2024.

“Kegiatan ini dalam rangka memberikan informasi dan pemahaman tentang penilaian kabupaten/kota peduli HAM, dan pelaporan capaian pelaksanaan aksi HAM,” ujar Tejo.

Dirinya menyebut, selain untuk memberikan informasi terkait penilaian kabupaten/kota peduli HAM, juga untuk menjaga sinergi dan kerja sama antara Kemenkumham dengan pemerintah Provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota, serta meningkatkan pelayanan publik yang berbasis HAM di Jawa Tengah.