blank
Penanaman rumput Pakchong diKelompok Tani Guyub Rukun Desa Sumanding

JEPARA (SUARABARU.ID) -Perwakilan dari 17 kelompok tani/ternak yang tergabung dalam paguyuban Pangon Maliter Jepara dari Kecamatan Donorojo, Keling, Kembang, Bangsri dan Pakisaji telah melakukan penanaman rumput Pakchong. Kegiatan ini berlangsung di Kelompok Tani Guyub Rukun Desa Sumanding, Senin (22/1-2024) dan diikuti pula oleh unsur petinggi Sumanding, perangkat desa, jajaran Babinkamtibmas., Babinsa dan DKPP.

blank

Menurut Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Mudhofir, S.Pt, M.Si, rumput Pakchong merupakan hasil persilangan antara rumput gajah (Pennisetum Purpureum Schumach) dengan Pearl Millet (Pennisetum Glaucum). “Rumput ini dapat tumbuh dengan baik diberbagai lokasi, tetapi akan berkembang sangat baik pada tanah yang kaya akan bahan organik seperti di Sumanding dan sekitarnya,” ujarnya kepada SUARABARU.ID.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menginisiasi gerakan menanan hijauan pakan unggul ternak bagi peternak Jepara menuju kemandirian pakan ternak,” ujar Mudhofir, S.Pt, M.Si

blank
Penanaman rumput Packong di Kelompok Tani Guyub Rukun Desa Sumanding

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Dinas DKPP Ir Sujima MM menjelaskan, kebersamaan adalah kunci keberhasilan beternak diantaranya berbagi pengetahuan beternak dan juga menambah kekuatan peternak.

Program Gerakan Menanam Hijauan Pakan (Genah Penak ) menurut Sujima adalah wujud kebersamaan untuk membangun kemandirian pakan hingga peternak tidak tergantung ngarit.

Ia menegaskan, pemerintah akan selalu mendukung inovasi dan terobosan dengan kegiatan yang tepat mutu tepat sasaran. “ Kini Jepara sudah menjadi pemasok kebutuhan bibit hijauan pakan ternak di Jawa Tengah,”pungkasnya

Hadepe