Presiden Jokowi saat berada di depan Puskesmas Toroh 1 didampingi Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) –Presiden Joko Widodo meninjau Puskesmas Toroh sebagai tujuan pertama dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Grobogan, Selasa, 23 Januari 2024.

Dalam kunjungannya ke Puskesmas Toroh tersebut, Presiden Jokowi ingin memastikan setiap Puskesmas punya alat USG untuk membantu pemeriksaan kehamilan.

Menurut Jokowi, pemerintah telah mendistribusikan alat USG kepada 10 ribu Puskesmas yang ada seluruh Indoesia. Alat USG tersebut mempunyai system yang baik, sehingga diharapkan dapat membantu untuk mengentaskan angka stunting di Indonesia.

Baca juga Kunjungan Kerja ke Grobogan, Jokowi Serahkan Bantuan Stimulan untuk Petani Puso di Grobogan, Demak, Kudus, Pati

“Kita harapkan nanti semuanya memiliki USG semuanya sehingga kehamilan ibu, bayi bisa dideteksi lebih dini dan semuanya data masuk ke pusat data di Jakarta. Ini penting sekali dalam rangka pengentasan stunting,” papar Jokowi, di hadapan awak media.

300 Ribu Timbangan

Selain alat USG, pemerinah juga memberikan alat timbang bayi ke sejumlah Posyandu di seluruh Indonesia dengan tujuan sebagai langkah awal penanganan stunting yang akan terus diperbaiki ke depannya.

“Ada 300 ribu timbangan yang sudah kita berikan, yang sebelumnya tidak ada semuanya sekarang diberikan sehingga juga cek berat badan bayi, panjang balita, semuanya bisa dicek. Ini saya kira penanganan sejak dini seperti ini yang akan terus kita perbaiki,” ucap Presiden.

Seorang ibu hamil bernama Ria mengaku terbantu dengan adanya alat USG di Puskesmas Toroh 1 ini. Dirinya tidak perlu lagi pergi ke Purwodadi yang merupakan ibu kota kabupaten Grobogan untuk memeriksakan kehamilan dengan USG.

“Senang ada USG di Puskesmas, jadi tidak jauh-jauh. Bagus, tadi dikasih tau detak jantung janinnya, berat badan janinnya, ketubannya juga dikasih tahu, posisi bayinya juga,” tutur Ria.

Dalam kunjungan kerja ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dan Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni.

Usai meninjau Puskesmas 1 Toroh, Presiden Jokowi melaksanakan agenda kedua yakni penyerahan sertifikat PTSL di Stadion Krida Bakti Purwodadi dan penyerahan bantuan stimulant untuk petani gagal panen atau puso di GOR Bung Karno.

Tya Wiedya