blank
Gencarkan program "Gerdu Saber"di sekolah, Satlantas Polresta Banyumas tindak puluhan pelajar. Foto: Dok/Humas

BANYUMAS (SUARABARU.ID) – Satlantas Polresta Banyumas Polda Jateng gencarkan kegiatan Gerdu Saber (Gerbang Edukasi Sekolah Aman Berkeselamatan) di sekolah-sekolah wilayah Kabupaten Banyumas pada Senin (22/1/2024).

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui Kasatlantas Polresta Banyumas, Kompol Galuh Pandu Pandega mengatakan, program Gerdu Saber ini merupakan trobosan kreatif Satlantas Polresta Banyumas dalam rangka edukasi dan penindakan knalpot brong terhadap pelajar di sekolah.

“Kami melaksanakan program ini karena dari hasil hunting knalpot brong pada malam hari, ditemukan hampir 80% penggunanya adalah siswa pelajar,” kata Galuh.

Galuh menyebut, kegiatan ini adalah kerja sama Satlantas Polresta Banyumas dengan pihak kesiswaan tiap sekolah dengan melaksanakan edukasi dan pendidikan lalu lintas tentang etika berlalu lintas yang berkeselamatan.

“Apabila ditemukan anak yang menggunakan kendaraan tidak sesuai standar, akan di data dan dicatat oleh guru kesiswaan untuk diedukasi dan mengurangi nilai mental kepribadian,” ujarnya.

Dari kegiatan yang dilakukan pada sekolah-sekolah di wilayah Banyumas tersebut, petugas berhasil menjaring sebanyak 35 pelanggar kendaraan knalpot brong dan 4 unit knalpot brong saat hunting pagi hari.

Menurut Galuh, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari di sekolah-sekolah secara bergantian. Dengan harapan para siswa dan masyarakat secara umum semakin tertib aturan lalu lintas, dengan tidak menggunaan knalpot brong dan pelanggaran lainnya.

“Harapannya penggunaan knalpot brong di wilayah Banyumas semakin berkurang dan masyarakat semakin sadar bahwa penggunaan knalpot brong itu sangat tidak nyaman dan meresahkan masyarakat,” tandasnya.

Ning S