blank
Papan kayu di kursi besi Kawasan Kota Lama Semarang hilang dan tampak melompong. (Foto: Diaz Aza)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sejumlah papan kayu di kursi-kursi besi yang dipasang di Kawasan Kota Lama Semarang hilang.

Temuan Suarabaru.id Selasa 23 Januari 2024, kursi-kursi besi panjang dengan bagian tempat duduk berupa papan kayu banyak yang hilang di Kawasan Kota Lama yang sudah direvitalisasi itu.

Kondisi tersebut tampak pada sejumlah kursi yang ditempatkan di Jalan Mpu Tantular Kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di sisi Kali Semarang atau sering disebut Kali Mberok.

Dalam satu kursi besi panjang itu seharusnya terdapat lima papan kayu, namun ada yang hilang mulai dari satu, hingga tiga papan.

Sementara baut-baut yang mengaitkan papan kayu dan kursi besi masih banyak yang tetap di tempatnya.

Meski demikian, belum diketahui pasti hilangnya papan kayu di kursi besi tersebut karena rapuh keropos dan lepas atau hilang dicuri.

Sementara itu bila melihat papan-papan kayu yang masih tertempel di tempatnya, kondisinya masih baik dan kuat.

“Di sini sering untuk tempat duduk-duduk dan bersantai pengunjung atau warga Semarang lain yang lewat. Tapi ini dilihat banyak yang bolong (kursinya). Saya tidak tahu ya memang lepas atau dicuri,” kata Ina, salah seorang warga Semarang.

Dia berharap, agar properti-properti di Kawasan Kota Lama bisa tetap terjaga. Masyarakat harus berperan menjaganya agar tidak jadi korban pencurian atau vandalisme.

Revitalisasi

Seperti diketahui, Kawasan Kota Lama Semarang punya wajah baru dengan revitalisasi yang dilakukan pemerintah beberapa tahun ke belakang dan belum lama rampung.

Revitalisasi Kota Lama Semarang mengarah baik pada aspek infrastruktur fisik, ekonomi, hingga sosial.

Dari aspek fisik, perubahan fisik jalan serta area pejalan kaki diubah, serta pemasangan lampu-lampu jalan, penempatan kursi-kursi, penanaman pohon, dan lain-lain.

Aspek sosial seperti, pemindahan area penjualan ayam di Jalan Sendowo, dan lain-lain.

Secara ekonomi, Kawasan Kota Lama terus berbenah dengan banyaknya kegiatan ekonomi dari bisnis kafe, makanan, dan lain-lain di kawasan itu.

Magnet-magnet wisata di Kota Lama Semarang seperti Gereja Blenduk, dan banyak bangunan heritage lain cukup mendatangkan banyak pengunjung.

Kota Lama Semarang kini menjadi salah satu wisata favorit di Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Diaz Aza