blank
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta hadir dalam acara penyerahan bantuan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Ribuan petani Jepara yang terdampak gagal panen atau puso pada musim tanam lalu akibat bencana alam mendapatkan kucuran dana Rp. 13,7 miliar dari Pemerintah Pusat, Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di GOR Bung Karno Kabupaten Grobogan, Selasa (23/1/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta hadir dalam acara itu, bersama para kepala daerah lain seperti Grobogan, Kudus, Pati, dan Demak.

Pj. Bupati Edy Supriyanta sangat bersyukur atas perhatian dari Presiden untuk para petani di Bumi Kartini. “Total bantuan yang diterima Jepara senilai Rp13,7 miliar. Sebagai dana stimulan agar mereka bisa kembali menanami sawahnya yang sempat puso,” ujarnya.

blank
Bantuan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di GOR Bung Karno Kabupaten Grobogan

“Terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan stimulan yang diberikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo kepada para petani di Jepara,” ujarnya.

Menurut Pj. Bupati H. Edy, bakal diserahkan kepada 35 kelompok tani di Jepara. Dia berharap, setelah ini secepatnya bantuan tersebut terdistribusi semua dan segera bisa dimanfaatkan. Sebab ia mencatat, luasan sawah di Jepara yang terdampak puso ada 1.723 ha.

blank
Sejumlah kepala OPD mendampingi Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta

“Saya minta ini tidak ada potongan apapun, diterima bersih sesuai apa yang diberikan oleh Bapak Presiden kepada para petani. Saya perintahkan Inspektorat dan dinas terkait untuk mengawasi,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berharap uang bantuan tersebut dapat segera diterima dan digunakan oleh petani untuk menggarap padi. “Moga-moga realisasi uangnya segera diterima para petani dan langsung dipakai untuk tandur, tanam, tandur, tanam, dan segera panen. Kalau sudah panen kita tidak usah banyak impor-impor lagi dari negara lain,” ujarnya.

Hadepe