Presiden RI Joko Widodo saat menyerahkan sertifikat tanah pada masyarakat. Foto : SB/dok Biro Humas ATR/BPN

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), direncanakan akan hadir di daerah yang dijuluki Kota di Atas Awan Wonosobo, Senin sore, (22/1/2024), mendatang.

Kedatangan orang nomer satu di Indonesia tersebut bertujuan untuk menyerahkan sertifikat tanah masyarakat yang tinggal di Wonosobo, Purworejo dan Kebumen.

“Nantinya Presiden RI didampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto akan menyerahkan sebanyak 3.000 sertifikat tanah,” terang Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Lampri dalam keterangan pers, Sabtu (20/1/2024).

Dikatakan, sejumlah 3.000 sertifikat tanah yang akan diserahkan, merupakan hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sukses dilaksanakan di tiga daerah tersebut.

“Sebanyak 3.000 sertifikat tanah itu terbagi atas 1.650 sertifikat untuk warga di Wonosobo, 650 sertifikat untuk warga di Purworejo dan 700 sertifikat untuk warga di Kebumen,” jelas Lampri.

Menurutnya, PTSL merupakan program revolusioner yang digagas oleh Presiden Jokowi sejak tahun 2017 yang bertujuan untuk mempercepat pendaftaran 126 juta bidang tanah yang ada di Indonesia.

Kepastian Hukum

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Foto : SB/dok Biro Pers

“Dengan didaftarkannya seluruh bidang tanah di Indonesia, maka masyarakat memiliki kepastian hukum hak atas tanahnya dan dapat terhindar dari konflik dan sengketa pertanahan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden rencananya akan didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM).

“Akan hadir pula Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati, Gubernur, Bupati dari masing-masing wilayah, serta perwakilan dari jajaran pemerintah daerah,” tutur Lampri.

Adapun kegiatan penyerahan sertifikat tanah ini nantinya akan dilaksanakan di Alun-Alun Wonosobo.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kunjungan Presiden RI bersama Menteri ATR/Kepala BPN di Provinsi Jawa Tengah.

Setelah dari Wonosobo, Presiden RI Jokowi juga diagendakan akan menyerahkan sertifikat tanah di Kabupaten Gorobogan, Selasa (23/1/2023).

Muharno Zarka