blank
Kepala Kantor Imigrasi Semarang, Guntur Sahat Hamonangan saat meninjau layanan paspor simpatik. Foto: Ning S/SUARABARU,ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74 tahun 2024, Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar layanan paspor simpatik yang berlangsung di Gedung Weeskamer, Kota Lama Semarang, Sabtu (20/1/2024).

Dalam layanan paspor simpatik ini pihaknya membuka kuota sejumlah 740, diikuti oleh seluruh kantor imigrasi yang ada di bawah Kanwil Kemenkumham Jateng.

Hal itu disampaikan Kadiv Keimigrasian, Is Edy Ekoputranto didampingi Kepala Kantor Imigrasi Semarang, Guntur Sahat Hamonangan di sela-sela kegiatan layanan paspor simpatik.

Is Edy menyebut, ada 6 kantor imigrasi yang berkolaborasi memberikan layanan terbaik untuk masyarakat. Mereka adalah Kantor Imigrasi Semarang, Surakarta, Pati, Wonosobo, Cilacap dan kantor imigrasi Pemalang.

“Ini merupakan upaya dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang selalu ingin mendekatkan diri kepada masyarakat, dan selalu ingin meningkatkan pelayanan publik. Kita targetkan pukul 16.00 WIB nanti selesai,” ujarnya.

Ia menyebut layanan ini merupakan yang pertama kali di Jawa Tengah, dan diupayakan akan berjalan pada tahun-tahun selanjutnya.

“Nantinya Kanwil Kemenkumham Jateng setiap bulannya akan mengadakan safari untuk memberikan layanan paspor yang berkolaborasi dengan seluruh kantor imigrasi di Jateng,” terangnya.

Diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan momen seperti ini dengan sebaik-baiknya. “Kegiatan ini berlangsung berkat kolaborasi kantor imigrasi se-Jawa Tengah,” tukas Is Edy.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Semarang, Guntur menyebut, layanan paspor simpatik dilaksanakan di Kota Lama Semarang karena Kota Lama merupakan ikon-nya Kota Semarang.

Agar pendafataran tidak terjadi penumpukan, kata Guntur, maka pendaftaran dilakukan melalui google form. “Untuk layanan paspor simpatik ini, prosedurnya sama seperti yang dilakukan di kantor imigrasi, hanya tempatnya saja yang berbeda,” kata Guntur.

“Kita mengalokasikan kuota sebesar 740 kuota, dalam 1 hari,” tambah Guntur.

Selain layanan paspor simpatik, rangkaian peringatan HBI ke-74 ini diisi berbagai kegiatan, diantaranya donor darah, tabur bunga, jalan sehat dan lainnya.

Ning S