blank
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai bertemu pengurus PWNU Jateng dan PW Muhammadiyah Jateng, Jumat, 19 Januari 2024. (Foto: Pemprov Jateng)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengajak kepada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) dan Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah untuk turut menyukseskan gelaran Pemilu 2024.

Dua organisasi besar tersebut dinilai bisa berkontribusi dalam memberikan pemahaman tentang pemilu damai kepada masyarakat.

“Kami mengajak PWNU dan PW Muhammadiyah untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Nana Sudjana usai bertemu pengurus PWNU Jateng dan PW Muhammadiyah Jateng, Jumat, 19 Januari 2024.

Nana menjelaskan, saat ini tahapan Pemilu 2024 sudah masuk masa kampanye. Kurang dari satu bulan lagi pemungutan suara akan dilaksanakan, tepatnya pada tanggal 14 Februari mendatang.

Di sisa waktu sebelum pelaksanaan pemungutan suara ini, Nana mengajak kepada pengurus ormas untuk mengimbau kepada masyarakat, agar menciptakan pelaksanaan pemilu dengan damai.

Dikatakan Nana, saat ini situasi dan kondisi di Jawa Tengah pada masa kampanye pemilu ini terbilang kondusif dan nyaman.

Meski demikian, Nana tetap mengingatkan kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan berbagai hasutan, baik itu ujaran kebencian maupun hoaks yang berpotensi muncul di media sosial.

“Kita harapkan masyarakat tetap tenang. Ini pesta demokrasi, masyarakat punya hak untuk memilih sesuai dengan hati nurani dari masing-masing,” ujarnya.

Menurut Nana, PWNU dan PW Muhammadiyah memiliki peran sentral untuk ikut serta menjaga kondusivitas dan membangun ekosistem pemilu sehat. Sebab, baik NU maupun Muhammadiyah memiliki perwakilan dan keanggotaan hingga tingkat desa/kelurahan.

“Kita berharap pelaksanaan Pemilu ini tercipta suasana yang damai. Mari kita jaga stabilitas keamanan di Jawa Tengah ini untuk tetap kondusif,” kata Nana Sudjana purnawirawan Polri itu.

Diaz Aza