blank
Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid At-Taubah Lapas Semarang. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Peletakan batu pertama pembangunan dan renovasi Masjid At-Taubah Lapas Semarang dilakukan Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto, Jumat (19/1/2024).

Kepala Lapas Semarang, Usman Madjid menyampaikan, peletakkan batu pertama ini sebagai awal dimulainya pembangunan dan renovasi Masjid At-Taubah Lapas Semarang.

“Awalnya pembangunan Masjid At-Taubah dilakukan pada tahun 1993 dengan luas 225 meter persegi berkapasitas 250 orang. Sementara warga binaan pemasyarakatan muslim di Lapas Semarang berjumlah 1542 orang. Hal ini yang mendorong teman-teman untuk meningkatkan jamaah.” ungkap Usman.

Menurut Usman, masjid seluas 841 meter persegi dan berkapasitas 1000 orang ini ditargetkan selesai dalam 3 bulan. “Targetnya, masjid dapat digunakan untuk kegiatan Idul Fitri tahun ini, ” jelas Usman.

Sementara itu Tejo menyebut, untuk merubah sikap dan perilaku perlu niat dalam hati dan pikiran. “Sistem pemasyarakatan bertujuan mengembalikan lagi kepada masyarakat. Diharapkan bermanfaat bagi bangsa dan negara. Beberapa kegiatan dilaksanakan, namun untuk merubah sikap dan perilaku, adanya hanya di hati dan pikiran,” jelas Tejo.

Tejo mengatakan, pembinaan kepribadian merupakan salah satu tolak ukur, sejauh mana intervensi pembinaan yang dilakukan pemasyarakatan.

Menurutnya, mengikuti nilai agama adalah suatu tuntunan yang wajib diikuti. “Mudah-mudahan pembangunan ini akan berdampak terhadap WBP yang lain, dari 200 jama’ah menjadi 400, dan terus bertambah. Semoga niat baik ini menjadi amal jariyah yang terus mengalir.” ucap Tejo.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil yang diserahkan kepada Kepala Bidang Pembinaan, Muhammad Bahrun selaku ketua penyelenggara.

Ning S