blank
Proses daftar ulang wasit yang akan ikuti penataran di joglo Danau Resto, Hotel  Kyriad Grandmaster. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Ratusan peserta yang akan mengikuti penataran wasit karate melakukan pendaftaran ulang di Joglo Danau Resto Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Selasa 16 Januari 2024.

Penataran wasit ini dilaksanakan Rabu-Kamis, 17-18 Januari 2024. Panitia Lokal, Sugiyanto menjelaskan, kegiatan penataran wasit ini akan digelar mulai besok pukul 08.00 WIB, di Firdausia Ballroom Kyriad Grandmaster Purwodadi.

Rencananya ada sekitar 500 peserta yang mengikuti penataran wasit ini. “Hari ini daftar ulang dulu, setelah terdata, baru besok mereka akan mengikuti penataran selama dua hari. Jumlahnya ada sekitar 500 orang yang berasal dari wilayah yang ada di Jawa Tengah,” ujar Sugiyanto.

Sugiyanto mengatakan antusias para peserta luar biasa untuk mengikuti penataran wasit ini. Mereka yang datang dari jauh ke Grobogan demi mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan penataran wasit ini dilaksanakan berbarengan dengan rangkaian dua kegiatan penting yang digelar Pengprov FORKI Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Grobogan.

“Dua agenda lainnya yakni Musyawarah Provinsi FORKI Jawa Tengah dan Kejuaraan Karate Piala Bambang Raya,” kata Wakil Ketua Umum 2 Forki Jawa Tengah Bidang Organisasi, Hukum, dan Disiplin Adam Prabowo.

“Penataran wasit ini satu rangkaian dengan dua kegiatan lain yang digelar Pengprov FORKI Jawa Tengah. Diadakan bulan Januari ini karena masa akreditasi wasit berakhir pada Maret 2024, terhitung dari kegiatan yang sama di Bandungan,” jelas Adam, sapaan akrabnya.

Tidak hanya itu, penataran wasit ini dilaksanakan untuk mengantisipasi jika dalam waktu dekat ada kejuaraan dan wasit maupun pelatih bisa mendampingi.

Penataran wasit dilaksanakan guna mendapatkan sertifikasi, apakah sudah layak untuk naik tingkat atau belum.

Tidak hanya penataran wasit saja, dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan akreditasi pelatih karate.

Adam berharap, penataran wasit dan akreditasi pelatih selama dua hari ini bisa berjalan dengan baik dan bisa diikuti dengan sungguh-sungguh oleh para peserta.

Tya Wiedya