blank
Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta saat memberikan sambutan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Jepara 2025–2045 mulai didiskusikan. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar konsultasi publik di Gedung Shima, Selasa (16/01/2024).

Acara tersebut dihadiri Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta, Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko, Perencana Ahli Madya Provinsi Jawa Tengah Hermawan, Kepala Bappeda Jepara Hassanudin Hermawan, serta pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Jepara.

“Melalui forum ini diharapkan muncul ide dan gagasan yang konstruktif dalam menyusun perencanaan pembangunan jangka panjang,” kata H. Edy.

Adapun ide maupun gagasan konstruktif itu, lanjut dia, akan dituangkan dalam dokumen RPJPD Kabupaten Jepara yang bertujuan untuk menjamin arah kebijakan pembangunan.

Penjabat Bupati Edy menyebut, pembangunan Kabupaten Jepara di berbagai lokasi harus terus bergerak sebagai bentuk nyata persiapan menyambut dan mendukung visi Indonesia Emas 2045.

“Kita harus memiliki cita-cita untuk Jepara yang kita cintai ini. Kita semua harus memiliki komitmen kebersamaan, motivasi dan berpartisipasi aktif membangun setiap sektor yang bisa kita dukung,” kata dia.

Ia berpesan agar visi misi arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD Kabupaten Jepara 2025–2045 nantinya benar-benar mengacu dan mendukung visi misi dan arah kebijakan provinsi serta nasional.

“Saya minta seluruh pemangku kepentingan yang hadir dalam konsultasi publik ini agar memberi masukan, sehingga menghasilkan rancangan RPJPD berkualitas dan mengarah ke arah yang jauh lebih baik lagi,” pintanya.

Sementara itu Kepala Bappeda Jepara Hassanudin Hermawan menyampaikan, menurut Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 diubah dengan UU Nomor 2 Tahun 2022, RPJPD merupakan penjabaran dari visi misi arah kebijakan dan pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun yang disusun berpedoman pada RPJPN dan rencana tata ruang wilayah.

“Melalui pertemuan ini, kami memohon dukungan dari semua yang hadir untuk memberikan saran dan masukan terbaik bagi Kota Jepara pada masa mendatang,” tegasnya.
Hadepe