blank
Asisten 2 Sekda Jepara Hery Yulianto saat memimpin rapat persiapan pemecahan rekor MURI

JEPARA (SUARABARU.ID) – Setelah berhasil mencatatkan rekor membakar ikan oleh pejabat terbanyak pada bulan Oktober 2023 lalu, Pemerintah Kabupaten Jepara berniat kembali memecahkan Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Kali ini akan mengangkat kuliner khas Jepara yaitu pindang serani dengan kategori sajian terbanyak dengan jumlah 9.200 porsi pada hari Kamis 25 Januari 2024, di obyek wisata Pantai Bandengan Jepara.

Untuk menggelar even ini telah dilaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral yang dipimpin Asisten 2 Sekda Jepara Hery Yulianto, Selasa 16 Januari 2024, di kantor Setda Jepara. Hadir Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Farikhah Elida, Kepala Disparbud Eko Udoyyono, dan perwakilan perangkat daerah.

Asisten II Sekda Jepara Hery Yulianto mengatakan, pemecahan MURI ini sekaligus menyemarakkan kampanye Gemar makan ikan (Gemarikan) di Jepara. Apalagi Jepara merupakan wilayah pesisir yang kaya potensi perikanan.

Kepala Diskan Jepara Farikhah Elida mengatakan, kegiatan pemecahan rekor MURI sajian pindang serani terbanyak ini akan diikuti masyarakat umum, perangkat daerah, camat, dan petinggi desa. Selain itu juga bekerjasama dengan cheff di Kabupaten Jepara.

“Alhamdulillah segala persiapan sudah kami laksanakan bersama perangkat daerah. Semoga berhasil untuk pemecahan rekor MURI kali ini,” kata Elida.

Menurtut Elida, pindang serani dipilih karena ini merupakan salah satu makanan khas atau makanan lokal yang ada di Kabupaten Jepara. Pindang serani semacam sup ikan laut. Di mana rasanya yang khas yaitu perpaduan antara pedas, asam manis, yang biasanya disajikan di siang hari. Biasanya, pindang ini disajikan untuk tamu-tamu pejabat yang hadir dari luar daerah ke Jepara.

Hadepe