blank
Menandai pencanangan Sub-PIN Polio, dilakukan penetesan vaksin Polio pada anak yang dipangku istri Bupati Ny Efi Indrata Nur Bayu Aji.(Dok.Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Pemkab Pacitan, Senin (15/1), menggelar Sub-PIN Polio, yang pencanangannya dilakukan istri Bupati selaku Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ny Efi Indrata Nur Bayuaji.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya mewujudkan perlindungan kelompok (herd immunity) dari ancaman penyakit polio, Pemerintah Kabupaten Pacitan melaksanakan imunisasi polio kepada anak-anak usia 0-7 tahun atau setara Kelas 2 jenjang sekolah dasar (SD).

Pencanangan Sub PIN Polio dilakukan Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan Ny Efi Indrata Nur Bayuaji, Senin (15/1), di Halaman Wingking (Halking) Rumah Dinas Bupati. ”Imunisasi polio, merupakan upaya untuk melindungi anak dari penyakit polio,” kata Ny Efi Indrata Nur Bayuaji.

Dijelaskan, penyakit polio adalah penyakit saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Penyakit ini, disebabkan oleh virus dan sangat menular terutama pada anak-anak dibawah usia 15 tahun. Polio bisa dicegah dengan melakukan imunisasi. Vaksin polio memberikan kekebalan karena apabila tertular pada anak, dapat terlindungi dari kelumpuhan dan kematian akibat virus polio.

Virus polio menyebar melalui fecal-oral, artinya virus berkembang biak di sistem pencernaan dan dikeluarkan melalui feses. Untuk itu, dipesankan kepada semua ibu yang memiliki anak-anak balita, hati-hati kalau mau membuang popok bayi.

Dua Tahap

Seluruh komponen masyarakat, diajak untuk menyukseskan Sub-PIN polio ini, agar anak-anak Pacitan sehat terbebas dari ancaman polio. Sub PIN polio, bertujuan sebagai upaya penanggulangan kasus KLB polio. Selain itu, juga sebagai pencegahan terjadinya kasus polio. Jika cakupan imunisasi lengkap mencapai 95 %, maka akan timbul perlindungan kelompok (herd immunity) yang bermanfaat untuk melindungi anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Daru Mustikoaji, menyatakan, sasaran imunisasi polio Kabupaten Pacitan sebanyak 53.475 anak. Pelaksanaan imunisasi polio akan berlangsung 2 tahap. Yakni, Tanggal 15 sampai dengan 21 Januari 2024, dan Tanggal 19 sampai 25 Februari 2024.

Sementara itu, di Jakarta, Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan, Prima Yosephine, mengatakan, pelaksanaan Sub-PIN Polio dimulai secara serentak di seluruh Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sub-PIN Polio, dilaksanakan mulai Tanggal 15 Januari dan 19 Februari 2024. Yakni dengan penetesan noval Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) pada anak-anak umur 0-7 tahun. Tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.
Bambang Pur