blank
Gubernur Jateng, Nana Sudjana secara simbolis salurkan neras kepada sejumlah warga di Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Senin 15 Januari 2024. Foto: Dok Pemprov Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 3,5 juta keluarga di Jawa Tengah bakal terima bahan pangam beruoa beras 10 kg hingga Juni 2024.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana  Sudjana menerangkan, pemerintah mulai menyalurkan pangan berupa cadangan beras untuk periode Januari hingga Juni 2024.

Secara rinci, kata Nana Sudjana, ada sebanyak 3.583.000 keluarga penerima manfaat di Jawa Tengah yang bakal menerima pentaluran beras tersebut.

Secara simbolis, penyerahan pangan tersebut dilakukan oleh Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana kepada sejumlah warga di Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Senin 15 Januari 2024.

Nana Sudjana mengatakan, warga yang memperoleh penyaluran pangan itu berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kemenko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang masih membutuhkan,” kata Nana Sudjana.

Tonton di sini https://www.youtube.com/watch?v=i69W2bdOsLM

Dibeberkan Nana Sudjana, saat ini angka kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah masih 1,1%.

Pada tahun 2024 ditargetkan bisa turun hingga 0% sebagaimana ditergetkan oleh pemerintah pusat.

Oleh karena itu, Nana berharap, penyaluran pangan ini bisa membantu masyarakat kurang mampu dalam mengurangi beban pengeluaran keluarga.

Sementara itu, Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Jateng, Akhmad Kholisun mengatakan,  Bulog Jateng diminta Bapanas untuk menyiapkan kebutuhan beras 35.583 ton per bulan pada tahun ini.

Stok ini dipenuhi Kanwil Jateng sebanyak 23.500-an ton, sementara sisanya disiapkan Kanwil Yogyakarta.

Sebab, karena eks Keresidenan Kedu dan Banyumas ikutnya Bulog Yogyakarta. “Ini kita siapkan untuk jangka waktu 6 bulan, yaitu sampai bulan Juni,” kata Kholisun.

Dia berharap, penyaluran beras pada  2024 bisa berlangsung tepat waktu seperti pada 2023.

Pada tahun lalu, penyaluran pangan tahap satu disalurkan pada Maret hingga Mei, lalu dilanjutkan dengan tahap dua, mulai Oktober sampai Desember. Untuk Desember, ada tambahan penyaluran satu kali, sehingga total 7 bulan penyaluran.

“Mudah-mudahan di tahun 2024 ini, kita juga dapat menyalurkan tepat waktu. Pada 2023, vendor kami yang menyalurkan adalah PT JPL. Sementara pada 2024 yang menyalurkan adalah PT POS,” kata Kholison.

Diaz Aza