blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kanan) mendampingi Rifiyan yang menyampaikan pertanyaan kuis kepada rekan-rekannya dari SD Negeri 2 Karangrejo, Arjosari, Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bagi siswa yang betul dalam menjawab pertanyaan kuis, mendapatkan hadiah dari Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji. Ini berlangsung, saat para siswa SD Negeri 2 Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, bertamu ke rumah dinas Bupati Pacitan untuk melaksanakan pembelajaran di luar kelas (outing class).

Kuis (bahasa Inggris: quiz), adalah padanan kata atau sinonim untuk permainan teka-teki, yang memberikan hadiah kepada penjawab yang betul jawabannya. Pada umumnya, kuis dikenal melalui acara televisi yang disiarkan secara rutin setiap pekan atau pada periode tertentu.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, Kamis (11/1), mengabarkan, dalam kesempatan itu, Bupati mendaulat siswa bernama Rifiyan, untuk memberikan pertanyaan kuiz kepada teman-temannya.

Rifiyan, siswa kelas VI SD Negeri 2 Karangrejo ini, kemudian dengan lugas memberikan pertanyaan seputar pengetahuan umum. Mulai dari pertanyaan siapa nama lengkap Bupati Pacitan hingga nama-nama kota besar di Tanah Air yang berawalan huruf B. Bagi siswa yang betul dalam menjawabnya, mendapat hadiah langsung dari Bupati Pacitan.

Para murid dari SD Negeri 2 Karangrejo, Kecamatan Arjosari, melakukan kunjungan ke Pendapa Kabupaten dan ke Rumah Dinas Bupati Pacitan. Ini mereka lakukan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui agenda outing class.

Galeri Seni

Agenda kunjungan ke Pendapa dan ke Rumah Dinas Bupati tersebut, menjadi salah satu tujuan kegiatan, selain mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) dan Museum dan Galeri Seni SBY*ANI.

Kepala Sekolah SD Negeri 2 Karangrejo, Ema Rahmawati, menyatakan, kegiatan outing class ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak pada institusi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pacitan dan untuk mengenal Bupati. ”Siapa tahu, kelak ada anak-anak kami yang bisa mengikuti jejak Pak Bupati,” ujar Kepala Sekolah (Kasek) SD Negeri 2 Karangrejo, Ema Rahmawati.

Kehadiran rombongan para siswa SD Negeri 2 Karangrejo tersebut, disambut langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Orang nomor satu di Pacitan tersebut, minta kepada anak-anak memanfaatkan momen ini untuk mènikmati tour dan belajar.

“Selamat datang di pendapa kabupaten, silahkan melihat-lihat sepuasnya. Pesan saya, karena ini outing class, manfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar. Saya doakan semua cita-citanya dikabulkan, diijabah mendapatkan ridlo Allah SWT,” kata Bupati.

Kuis (bahasa Inggris: quiz), adalah padanan kata atau sinonim untuk permainan teka-teki, yang biasanya berhadiah. Pada umumnya, kuis dikenal melalui acara televisi yang disiarkan secara rutin setiap pekan atau setiap hari.
Bambang Pur