blank
Pj Bupati Kudus M Hasan Chabibie mendapat ucapan selamat dari Pj Bupati Kudus lama Bergas Catursasi Penanggungan. foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali melakukan rotasi kepemimpinan berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang resmi mengganti penjabat kepala daerah (Pj) Bupati Kudus dari penjabat sebelumnya Bergas Catursasi Penanggungan digantikan oleh Muhamad Hasan Chabibie dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Selain itu, Mendagri juga menunjuk Agustyarsyah sebagai Penjabat Bupati Tegal menggantikan Umi Azizah yang telah purna tugas per 8 Januari 2024.

Ke dua penjabat kepala daerah, yakni Pj. Bupati Kudus dan Pj. Bupati Tegal resmi dilantik oleh Pj. Gubernur Jawa Tengah, Komjen. Pol (Purn) Nana Sudjana. Sementara, Penjabat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kudus dan Tegal resmi dilantik oleh Pj. Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana di Gedung Gradika Bhakti Praja kompleks Kantor Gubernur Jateng, Rabu (10/1).

Usai melantik, Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengucapkan terima kasihnya kepada Penjabat Bupati Kudus terdahulu dan Bupati Tegal atas dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan selama ini untuk pembangunan daerah. Pihaknya juga memberikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan Penjabat Ketua TP PKK Kudus yang sepenuh hati memberikan pengabdian pada masyarakat, utamanya mengawal 10 program pokok PKK.

“Atas nama pribadi dan pemerintah, saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas yang diberikan selama ini. Panjenengan sudah memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui inovasi dan terobosan yang dilakukan dengan baik,” ucapnya.

Nana mengungkapkan,  pergantian jabatan merupakan hal yang biasa dan lumrah dalam sebuah organisasi. Pihaknya mengingatkan bahwa jabatan yang diemban merupakan suatu amanah yang harus dipertanggungjawabkan, baik pada Tuhan Yang Maha Esa maupun pada lingkungan pekerjaan, khususnya pada masyarakat.

“Jabatan sifatnya sementara, tidak selamanya melekat. Ada waktunya lepas karena mutasi atau habis masa purna tugas. Oleh karena itu, tanggung jawab menjadi hal utama yang harus diperhatikan,” ungkapnya.

Tak lupa, pihaknya juga memberikan ucapan selamat kepada penjabat kepala daerah baru di Kabupaten Kudus dan Tegal. Pihaknya berpesan agar Pj. Bupati yang ditugaskan oleh Kementerian Dalam Negeri dapat memberikan pelayanan dan pengabdian terbaiknya pada daerah yang dipimpin, sehingga tercipta kesejahteraan di masyarakat.

“Selamat pada penjabat baru, khususnya Pj. Bupati Kudus dan Tegal. Selamat bertugas, junjung tinggi loyalitas, kejujuran, dan integritas dalam memimpin,” pesannya.

Terakhir, pihaknya mengimbau pada penjabat kepala daerah agar dapat mempersiapkan wilayahnya dalam menyambut datangnya pemilu 2024. Sinergi dan kolaborasi dengan unsur terkait, seperti Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat harus selalu terjalin harmonis demi bersama-sama menciptakan kondusifitas wilayah.

“Pemilu 2024 akan segera datang, saya imbau untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan pihak terkait agar selalu terjalin harmonisasi demi suksesnya pemilu dan kondusifitas wilayah,” tutupnya.

Bergas Catursasi Penanggungan, Pj. Bupati Kudus terdahulu, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan Kemendagri. Pihaknya berharap Penjabat Bupati Kudus yang baru dapat melanjutkan pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kudus. Bergas juga memberikan pesan kepada penjabat baru, Muhamad Hasan Chabibie, untuk menjaga integritas yang sudah terbangun di Kabupaten Kudus.

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan pada saya untuk memimpin Kabupaten Kudus. Saya berharap program-program yang telah berjalan dapat dilanjutkan oleh Pj. Bupati yang baru,” harapnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Kudus saat ini, Muhamad Hasan Chabibie mengaku akan selalu berkomitmen melanjutkan program yang baik dengan meningkatkan inovasi, terutama untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kudus. Dia yakin bahwa sumber daya manusia masyarakat Kudus, yang kental dalam dunia pendidikan dan kebudayaan, memiliki potensi luar biasa untuk berkolaborasi demi kemajuan Kota Kudus. Selain itu, Chabibie tak lupa akan menggandeng beberapa stakeholder untuk memajukan Kota Kudus.

“Bismillah, kami akan siap melanjutkan program-program yang telah berjalan di Kabupaten Kudus dengan meningkatkan inovasi. Mohon doanya agar kami diberikan kemudahan dalam menjalankan tugas pengabdian,” tandasnya.

Ali Bustomi